1. HOME
  2. FINANCE
EKONOMI

Siapa Untung Andai Freeport Jual Saham di BEI?

90 persen pendapatan Freeport berasal dari tambang emas Indonesia.

By Syahid 5 November 2015 15:59
Pekerja Freeport mengawali bijih emas (shiftindonesia.com)

Money.id - Bursa Efek Indonesia (BEI) mendukung adanya wacana penjualan sebagian saham PT Freeport Indonesia di bursa saham Tanah Air. Wacana ini mengemuka sebagai salah satu alternatif bentuk divestasi saham perusahaan emas raksasa itu.

"Pilihan divestasinya itu kan bisa mengalihkan ke Pemda atau pemerintah pusat. Namun, mencatatkan di BEI, termasuk aturan itu," ujar Direktur Pengawasan BEI Hamdi Hassyarbaini di Jakarta, Kamis, 5 November 2015.

Hamdi bahkan berharap program divestasi saham, apapun mekanismenya, bisa segera dilakukan. Alasannyam Indonesia selama ini menjadi ladang emas utama PT Freeport dalam menarik keuntungan.

"Freeport Internasional itu sekitar 90 persen income-nya dari Indonesia, tandanya harus divestasi saham ini," tegas Hamdi.

Hingga saat ini manajemen Freeport memang belum memutuskan bentuk divestasi yang akan ditempuh. Namun manajemen BEI berharap bisa segera mendapat kabar baik dari perusahaan yang berlokasi di tanah Papua ini.

Andaikan melantai di bursa saham Indonesia, Hamdi meyakini kedua pihak, Indonesia dan Freeport, bisa menikmati dampak positif. 

"Investor makin banyak pilihan saham. Nilai freeport pun makin besar. Meski mahal pun saham yang dijual karena ini perusahaan bagus, tidak ada masalah, karena pastinya masih ada peminatnya," pungkas Hamdi. (ary)

Suka Artikel Ini? KLIK LIKE

Baca Juga

(s)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section