1. HOME
  2. FINANCE
KURS RUPIAH

Rupiah Rontok, Uang US$ 1 Ditukar Rp 14.600

Data Bank Indonesia juga mencatat rupiah sudah berada di level terendahnya sepanjang tahun 2015.

By Syahid 23 September 2015 10:45
Ilustrasi

Money.id - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS semakin bergerak liar. Pagi ini rupiah langsung jatuh menyentuh level 14.600 per dollar AS.

Mengutip data perdagangan Bloomberg, Rabu, 23 September 2015, dollar AS langsung dibuka melemah ke level 14.597,50 per dollar AS.

Tak butuh waktu lama rupiah akhirnya ambruk ke level terendah baru di 14.602 per dollar AS pada pukul 09.00 WIB. Sepanjang perdagangan pagi ini, rupiah telah menyentuh level terendahnya di 14.655 per dollar AS.

Produk UMKM Indonesia Ini Tembus Pasar Dunia

Sementara itu, data kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia kemarin mencatat rupiah bertengger di level 14.486 per dollar AS. Ini merupakan level terendah rupiah sepanjang tahun ini.

Reseach Analyst PT NH Korindo Securities Indonesia, Reza Priyambada menilai pelemahan rupiah kali ini merupkan imbas dari penurunan harga komoditas di pasar spot berjangka. Hal ini berimbas pada terapresiasinya laju dollar AS.

"Akibatnya laju rupiah secara tidak langsung mengalami pelemahan," katanya.

Menurut Reza, laju anomali rupiah tentunya akan mempengaruhi arah dan tren selanjutnya dari rupiah. Sepanjang belum ada hal positif yang dapat memberikan kenyamanan bagi pelaku pasar, maka investor cenderung akan menjauhi pasar.

"Tetap waspadai sentimen di pasar," imbau Reza.

(s/s)

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section