1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Ribet Atur Keuangan, Ini 5 Tanda Anda Butuh Konsultan

Banyak orang Indonesia yang belum yakin untuk menggunakan jasa ahli tersebut karena masih merasa bisa menyelesaikan masalah keuangannya sendiri.

By Dian Rosalina 16 Oktober 2016 15:32
Ilustrasi Kesulitan Mengatur Keuangan (dailyfinance)

Money.id - Masalah keuangan tentu dialami oleh siapapun, kecuali Anda telah mapan dan tak perlu merisaukan soal uang. Bila Anda mempunyai masalah keuangan yang cukup pelik, seperti di ambang kebangkrutan, berarti saatnya Anda membutuhkan segera jasa seoarang ahli konsultan keuangan untuk memperbaiki keadaan.

Banyak orang Indonesia yang belum yakin untuk menggunakan jasa ahli tersebut karena masih merasa bisa menyelesaikan masalah keuangannya sendiri. Tapi jika Anda sudah masuk ke dalam lima tanda ini, berarti sudah saatnya menyerah dan memakai jasa mereka.

Berikut tanda-tandanya Anda membutuhkan jasa konsultan keuangan yang dikutip dari Cekaja, Minggu 16 Oktober 2016.

Utang Tak Kunjung Lunas

Jika selama ini Anda tidak pernah bebas dari utang, salah satunya tunggakan kartu kredit, berarti Anda sedang mengalami kondisi keuangan yang buruk. Padahal di sisi lain, penghasilan bulanan yang Anda miliki cukup tinggi, sebaiknya Anda perlu meminta nasihat dari konsultan keuangan.

Mereka akan menyampaikan pendapat mereka mengenai apa yang salah dari pengaturan keuangan Anda selama ini. Para konsultan akan membantu menyelesaikan masalah pelik tersebut.

Sering Telat Bayar Cicilan

Apakah selalu menunda membayar cicilan? Telat beberapa hari atau justru dari satu minggu? Kebiasaan yang satu ini menandakan bahwa Anda tidak disiplin dan tidak pandai mengatur keuangan.

Jadi sudah saatnya bagi Anda untuk menyerahkan pada ahlinya, yakni konsultan keuangan. Curahkan segala permasalahan keuangan yang Anda hadapi termasuk berapa pendapatan dan pengeluaran Anda.

Tak Punya Dana Pensiun

Bagi Anda yang menginjak usia 35 tahun ke atas, dana pensiun adalah hal yang tidak boleh dilupakan. dengan mengumpulkan dana pensiun, Anda sama saja memupuk bekal untuk hidup bahagia di hari tua. Nah, bila Anda msih belum memilikinya, apapun alasannya, berarti Anda mempunyai kondisi keuangan yang salah.

Dikejar Dept Collector

Ini adalah salah satu fase yang terburuk dan tak ada orang yang mau mengalami kondisi ini. Ya, dikejar penagih utang atau debt collector karena Anda tak kunjung melunasi utang menandakan kondisi keuangan Anda sangat buruk.

Cari tahun apa yang menyebabkan kondisi keuangan Anda begitu buruk, sampai debt collector harus turun tangan. Berkonsultasilah dengan penasihat keuangan jika sudah terlanjur seperti ini.

Merasa Kurang Walau Gaji Besar

Bila nominal gaji Anda relatif besar, namun masih merasa kurang, berarti gaya hidup Anda sudah berlebihan. Bisa jadi Anda kesulitan menentukan prioritas dalam membelanjakan uang. Jadi segera temui konsultan keuangan agar masalah ini bisa diselesaikan dengan baik. (dwq)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section