1. HOME
  2. FINANCE
PERAYAAN NATAL

Restoran Ini Habiskan Ratusan Juta Rupiah untuk Hiasan Natal

Setiap kali pengunjung masuk ke restoran akan disambut dengan ribuan ornamen berkilau, lampu, dan boneka Natal.

By Rohimat Nurbaya 14 Desember 2015 10:26
Restoran Jerman Rolf's di Gramercy Park, New York City (Bussines Insider)

Money.id - Sebuah restoran di New York City menghabiskan dana ratusan juta rupiah untuk dekorasi dan hiasan Natal setiap tahunnya.

Dikutip dari Bussines Insider, semangat merayakan Natal restoran Jerman Rolf's di Gramercy Park benar-benar patut diacungi jempol. Setiap kali pengunjung masuk ke restoran akan disambut dengan ribuan ornamen berkilau, lampu, dan boneka Natal.

Manajer restoran Suhal Uddin mengatakan tradisi mendekorasi Natal ini membutuhkan sebanyak 15 ribu ornamen dan 100 ribu lampu digantung di dalam restoran.

Apabila ditotal, setiap tahun Rolf's mengeluarkan biaya sekitar US$65 ribu atau sekitar Rp900 juta setiap tahun.

Menurut Uddin, proses pengerjaan dekorasi Natal Rolf's biasanya dimulai akhir September. Selama enam minggu berikutnya, sebanyak enam pria bekerja pada dekorasi pagi dan malam.

Mereka biasanya bekerja selama lima hari selama seminggu untuk menyelesaikan proses dekorasi. Pada 1 November, semuanya sudah selesai.

Bagi Rolf's, musim libur dimulai sebelum Thanksgiving. Uddin mengatakan tradisi mendekorasi ini dimulai oleh pemilik sebelumnya dan diteruskan setiap tahun oleh pemilik baru.

Menurut Uddin, diperkirkan ada 100 ribu lampu hias dipasang di seluruh sudut restoran dan 15 ornamen digantung di langit-langit restoran.

Selain itu, Rolf's juga membuat hiasan es sebagai tambahan hiasan. Tidak lupa mereka memasang sekitar 800 boneka.

Uddin menambahkan Rolf's selalu mengganti setiap ornamen yang patah atau rusak. "Dekorasi ini biayanya antara US$60 ribu hingga US$65 ribu setiap tahun," katanya kepada Business Insider.

Restoran menjadi sangat sibuk mulai akhir pekan kedua dan ketiga Desember. Uddin mengatakan pengunjung yang antri kadang mencapai sudut luar restoran.

Wisatawan berduyun-duyun dari seluruh dunia untuk masuk ke Rolf's. "Kami mendapat ratusan panggilan internasional untuk pemesanan setiap tahun. Kami tidak bisa mengakomodasi semua orang, tapi kami mencoba yang terbaik," ucapnya.

Untungnya, mereka tetap membiarkan dekorasi dan hiasan Natal itu sampai April. Sehingga siapa pun yang tidak sempat menikmatinya saat Natal masih memiliki kesempatan untuk mengalaminya di musim semi.

Setelah itu, dekorasi dan hiasan Natal akan dibongkar dan disimpan di ruang pendingin di Brooklyn. Dekorasi dan hiasan Natal itu akan tersimpan di sana sampai Natal berikutnya tiba. (dwq)

(rn/rn)

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section