1. HOME
  2. FINANCE
JOKOWI

Puji Jokowi, Presiden Obama: Tak Semua Negara Berani

Presiden AS, Barack Obama berjanji akan membantu pengembangan energi bersih Indonesia.

By Syahid 27 Oktober 2015 13:45
Presiden Joko Widodo saat bertemu Presiden AS Barack Obama (Setkab.go.id)

Money.id - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama kagum dengan keberanian Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghapus subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM). Bahkan dirinya memberikan apresiasi khusus pada Jokowi.

Dalam pertemuan dengan Presiden Obama, di Gedung Putih, Washington, AS, Presiden Jokowi memang menjelaskan sejumlah reformasi struktural yang dilakukan pemerintahannya. Termasuk di dalamnya perihal pengelolaan subsidi BBM dan pembangunan energi bersih.

Mendapat penjelasan tersebut, Presiden Barack Obama tanpa segan memberikan apresiasi dan pujiannya kepada Indonesia. Langkah ini dianggapnya cukup berani karena reformasi struktural dalam pengelolaan ekonomi terbilang cukup sulit.

"Langkah Presiden Jokowi yang berani menyelelesaikan beban subsidi BBM merupakan tindakan yang tidak semua negara berani melakukannya," puji Obama. seperti dikutip dari Keterangan Pers Kementerian ESDM, Selasa, 27 Oktober 2015.

Meski sulit, Obama yakin tindakan itu akan memperkuat daya saing ekonomi dan industri karena akan membangun kesadaran efisiensi di berbagai bidang, terutama dalam penggunaan energi.

Pada bagian lain, Obama juga mengapresiasi arah pembangunan energi Indonesia yang memberikan porsi lebih besar pada energi bersih dan energi terbarukan.

"AS ingin menjadi mitra yang kuat dalam meningkatkan peran energi bersih. Ini sejalan dengan komitmen Indonesia untuk menjadi salah satu pemimpin global dalam pengelolaan isu perubahan iklim", lanjutnya.

Presiden Obama bahkan berjanji akan menyiapkan berbagai dukungan, baik berupa bantuan teknis, akses pada teknologi maupun bantuan dana dalam mendorong pembangunan energi bersih.

Suka Artikel Ini? KLIK LIKE

Baca Juga

(s/s)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section