1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Pria Tampan Sulit Dapat Pekerjaan, Benarkah?

Ketampanan malah dapat membuat seseorang sulit mendapatkan pekerjaan, karena...

By Dian Rosalina 5 Januari 2016 08:01
Ilustrasi pria tampan (Pixabay)

Money.id - Beberapa orang beranggapan memiliki wajah cantik atau tampan bisa memudahkan mendapat pekerjaan yang diinginkan. Namun, penelitian di bawah ini berkata lain.

Dilansir dari Time, Senin 4 Januari 2016, ketampanan malah dapat membuat seseorang sulit mendapatkan pekerjaan. Itu karena hal tersebut dianggap dapat mengancam rekan-rekannya di masa depan.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Sun Young Lee dari UCL School Of Management di akhir Desember lalu menyimpulkan bahwa pria tampan mungkin akan ditolak untuk pekerjaan kompetitif. Tetapi lebih diutamakan untuk pekerjaan yang membutuhkan kerja sama.

Pekerjaan seperti marketing sangat rentan terhadap isu ini. Di tempat kerja yang kompetitif seperti departemen penjualan, ketampanan seseorang dapat mengancam karier rekan-rekannya di masa depan. Namun bila mereka memutuskan untuk bersaing, mereka akan mendiskriminasi.

Lalu bagaimana dengan wanita cantik?

Dari catatan penelitian Dr Lee, efek yang sama tidak ditemukan pada wanita cantik. Karena kecantikan wanita tidak pernah dikaitkan dengan kompetisi. 

"Sayangnya, alasan di balik semua ini adalah kebenaran menyedihkan yang bisa ditemukan di mana-mana. Karena stereotip fisik berkaitan dengan stereotip gender," kata Lee.

Ada salah satu cara untuk memerangi bias ini, yaitu saat perekrutan kerja. Lee mengatakan bahwa perekrutan pegawai seharusnya berhubungan dengan pekerjaan mereka.

Dan kecenderungan stereotip dapat membantu organisasi meningkatkan proses pemilihan mereka. (els/ita)

Suka Artikel Ini? Klik Like

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section