1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Posisi Sama Tapi Gaji Beda? Ini Penyebabnya

Kenali faktor-faktor penyebab gaji Anda berbeda.

By Adhi 31 Maret 2016 19:21
Ilustrasi (finance.yahoo.com)

Money.id - Posisi Anda di kantor sama persis dengan rekan Anda yang bekerja di kantor lain atau bahkan di kantor yang sama, tetapi mengapa gajinya jauh lebih besar?

Hal ini nyatanya dapat terjadi kepada siapa saja. Insting pertama Anda mungkin ingin protes, merasa telah dicurangi. Berteriak tentang ketidakadilan yang menimpa Anda. Tetapi sebelum melakukannya, pikirkan dulu baik-baik.

Anda mungkin akan menyesal jika mengambil pendekatan agresif seperti itu.

Faktor yang menyebabkan gaji berbeda

- Kredensial. Pekerja yang memiliki pendidikan lebih tinggi, atau memegang sertifikasi profesional bisa mendapat gaji yang lebih besar dibanding yang lain.

- Pengalaman dan keterampilan. Seringkali, semakin lama Anda melakukan suatu pekerjaan, Anda jauh lebih produktif dari rekan-rekan Anda. Akibatnya, pekerja berpengalaman biasanya mendapatkan lebih dari pemula.

- Industri atau perusahaan. Gaji bisa sangat bervariasi dalam industri atau perusahaan yang berbeda.

- Tugas individu. Pekerjaan sering memiliki deskripsi posisi yang sama, tapi tugas individu dapat bervariasi. Dan pekerjaan yang melibatkan tugas-tugas yang lebih kompleks atau tanggung jawab yang lebih besar mungkin memiliki upah yang lebih tinggi daripada yang tidak, bahkan dalam perusahaan yang sama.

- Lokasi geografis. Beberapa daerah memiliki upah yang lebih tinggi daripada yang lain untuk suatu pekerjaan yang sama. Biaya hidup merupakan salah satu faktor geografis yang memengaruhi upah. Selain itu, kurangnya tenaga ahli untuk bidang tertentu juga mendongkrak gaji yang diterima.

- Keberhasilan dan kinerja. Beberapa pekerjaan sangat kompetitif, dan sejumlah kecil pekerja yang sukses melakukan pekerjaannya bisa jadi memiliki penghasilan yang jauh lebih tinggi.

Lebih lengkapnya simak ulasan di Qerja.com.

Baca juga:

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section