1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Pengen Punya Kartu Kredit? Baca Dulu Plus dan Minusnya

Memiliki kartu kredit akan membuat kita lebih aman dan praktis karena kita tidak perlu membawa uang cash saat berpergian.

By Abdul Kharis 3 Maret 2016 13:48
Ilustrasi kartu kredit (pixabay)

Money.id - Banyak orang masih bingung apakah perlu memiliki kartu kredit. Sebab, sebagian besar dari mereka belum paham benar apa saja keuntungan dan kerugian dari kartu kredit.

Perencana Keuangan dari MRE Financial & Business Advisory, Andy Nugroho menjelaskan plus dan minus dari kartu kredit kepada www.money.id, Kamis, 3 Maret 2016.

Untuk awalnya, Andy memjelaskan kelebihan memiliki kartu kredit.

1. Lebih aman dan praktis

"Memiliki kartu kredit akan membuat kita lebih aman dan praktis karena tidak perlu membawa uang cash saat berpergian," tutur Andy.

Selain itu, akan lebih aman lagi apabila kartu kredit sudah dilengkapi dengan PIN untuk transaksinya. Jadi seandainya kartu kita hilang maka tidak bisa disalahgunakan oleh yang menemukan.

2. Ada data atau record transaksinya

Tiap kali pihak bank menagih pembayaran kartu kredit, mereka menyebutkan apa saja pembelanjaan ataupun transaksi yang kita lakukan. Hal ini merupakan solusi praktis bagi kita yang malas mencatat pengeluaran uang.

3. Bisa mendapatkan pinjaman uang secara cepat

Andy menuturkan, kartu kredit memiliki fitur yang berbeda dari yang lainnya yaitu pemiliknya bisa mendapatkan pinjaman uang dengan cepat. Biasanya plafon pinjaman maksimal 80 persen dari limit yang tersedia dan belum digunakan.

Namun, perlu diingat bahwa pinjaman ini menerapkan bunga yang cukup besar tiap bulannya. (Baca: Tips Memiliki Kartu Kredit untuk yang Berpenghasilan Rp3 Juta)

Sedangkan, kekurangan memiliki kartu kredit adalah sebagai berikut.

1. Mendorong gaya hidup konsumtif

Tidak mempunyai uang, tetapi pengin belanja banyak atau punya gadget baru yang lagi nge-hits?. Tenang, bayar saja menggunakan kartu kredit, nanti bayarnya dicicil.

"Seperti itulah ungkapan dari pemilik kartu kredit yang sudah terpola untuk bersikap konsumtif, sehingga kadang kita terdorong untuk membeli sesuatu barang yang sebenarnya kurang dibutuhkan," tutur Andy.

2. Pengeluaran yang tidak terkontrol

Karena punya kartu kredit yang bayarnya belakangan dan bisa dicicil, kita kemudian merasa bisa membeli barang apa saja. hal itu menyebabkan pengeluaran tidak terkontrol.

Mindset yang harus ditanamkan adalah punya kartu kredit bukan berarti punya uang tambahan, namun adalah utang yang harus dilunasi bila digunakan.

3. Melunasi pembayaran dengan cara mencicil

Melunasi pembayaran kartu kredit dapat dilakukan dengan cara cash atau dicicil.

Tetapi, banyak orang melunasi pembayaran kartu kreditnya dengan cara mencicil dengan berbagai alasan.

Padahal, pembayaran dengan cara mencicil membuat total pembayaran yang harus kita lakukan akan menjadi semakin besar. (poy)

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section