1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Pikirkan Lagi Sebelum Anda Ambil Keputusan Pensiun Dini

Tak hanya itu, pensiun dini juga memberikan manfaat lain seperti hemat biaya kesehatan karena tidak mengalami stres yang terlalu besar akibat..

By Dian Rosa 6 September 2016 12:05
Ilustrasi Menerima Pesangon Pensiun Dini (mscareer)

Money.id - Hampir semua orang yang bekerja menginginkan akhir di masa kerjanya hidup sejahtera. Oleh karena itu, sekarang ini banyak orang yang memilih untuk pensiun dini untuk mendapatkan keuntungan mandapatkan uang pesangon yang lebih tinggi.

Tentu perusahaan menawarkan hal ini untuk banyak menarik minat para karyawannya. Hal tersebut dilakukan demi kepentingan perusahaan, selain itu dengan alasan perputaran karyawan yang tinggi memudahkan karyawan mendidik orang-orang baru.

Dikutip dari Cermati, Selasa 6 September 2016, pensiun dini juga memberikan kesempatan bagi Anda untuk memulai usaha baru. Tak hanya itu, pensiun dini juga memberikan manfaat lain seperti hemat biaya kesehatan karena tidak mengalami stres yang terlalu besar akibat bekerja, kurang tidur, dan kurang waktu olahraga.

Walau terkesan menggiurkan, nyatanya hal tersebut menimbulkan konsekuensi yang tak kalah besarnya. Jadi sebelum mengambil pilihan pensiun dini, cermati dulu beberapa tindakan agar mempertimbangkan hal tersebut.

Penghasilan Masa Depan

Setelah pensiun dini, bukan berarti Anda tinggal duduk manis menikmati dana pensiun yang baru Anda dapatkan. Hidup berjalan terus, tentu Anda membutuhkan penghasilan dan pemasukan untuk kelangsungan hidup Anda.

Bila Anda memutuskan untuk pensiun dini, Anda baiknya mulai sekarang Anda mencari alternatif lain untuk mendapatkan penghasilan yang sebanding ketika Anda bekerja.

Tetapkan Tujuan Hidup

Keputusan untuk mengambil pensiun dini sudah harus dilandasi dengan rencana dan tujuan pasti dari arah hidup masa depan. Ingat, pensiun dini bisa merubah aktivitan dan rutinitas seseorang hingga 180 derajat.

Risiko pertama yang harus Anda tanggung meski Anda mendapatkan dana pesangon cukup besar adalah Anda tidak berpenghasilan untuk sementara waktu. Jangan gegabah dalam mengambil keputusan.

Rencana Penggunaan Pensiun Dini Secara Jelas

Pensiun dini yang ditawarkan perusahaan adlaah program tawaran jabat tangan emas. Program ini ditawarkan secara terbuka dan juga memberitahukan nominal uang pesangon yang didapat, tentu sesuai dengan golongan jabatan dan masa kerja.

Namun banyak pensiunan dini yang belum mengetahui mau diapakan uang pesangon tersebut dan bagaimana cara mengelolanya. Oleh karena itu, siapkan rencana secara matang apa yang harus Anda lakukan dengan uang pesangon tersebut.

Jika Anda ingin mengetahui apa saja yang harus Anda pertimbangkan mengenai pensiun dini, klik link berikut ini. (dwq)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section