1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Penyebab Utama Bangkrut Setelah Liburan

Salah satu masalah yang sering muncul usai berlibur adalah kondisi finansial yang berantakan.

By Dwifantya Aquina 11 November 2016 11:25
Jangan sampai bangkrut setelah liburan (uaf.edu)

Money.id - Akhir tahun sudah semakin dekat. Bagi Anda yang berencana merayakan akhir tahun dengan berlibur, sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulai persiapan. Persiapan yang baik tidak hanya menjamin liburan Anda nanti berjalan lancar namun memastikan masalah tidak akan datang usai Anda berlibur.

Nah, salah satu masalah yang sering muncul usai berlibur adalah kondisi finansial yang berantakan. Tidak mau bangkrut di awal tahun setelah liburan? Waspadai hal-hal yang jadi penyebab utama bangkrut setelah liburan yang dikutip CekAja.com berikut ini:

Tidak kontrol belanja

Saat liburan, orang cenderung bahagia. Biasanya, saat bahagia orang mudah mengeluarkan uang baik untuk hal yang penting maupun yang tidak terlalu penting seperti belanja. Bila tidak dikontrol, berbelanja saat liburan bisa membuat kantong jebol. Hal ini berlaku untuk belanja keperluan oleh-oleh maupun saat makan dan menggunakan fasilitas kamar di hotel.

Agar tidak bangkrut saat liburan, coba batasi jumlah uang yang dibawa saat pergi ke pusat perbelanjaan. Atau, minta teman dan pasangan Anda saling mengingatkan untuk mengontrol belanja. Untuk keperluan makan, cari restoran yang berikan diskon. Biasanya, beberapa restoran memberikan fasilitas ini pada pengguna kartu kredit tertentu. (Baca juga: 7 Hobi yang Dapat Mengurangi Stres dan Bisa dilakukan di Kantor)

Jadi korban kejahatan

Meski berada di tempat wisata bukan berarti Anda bebas dari aksi kriminalitas. Banyak sekali aksi kejahatan yang justru terjadi di tempat liburan. Kasusnya mulai dari kecopetan hingga penipuan dengan modus hipnotis. Anda sudah pasti akan bangkrut bila menjadi korban kejahatan. Oleh karena itu antisipasinya harus dimulai dari diri Anda sendiri. Contohnya tidak mengenakan perhiasan dan aksesoris berlebih saat bepergian, bawa uang tunai secukupnya dan selalu awas dengan lingkungan sekitar Anda.

Sakit keras

Semua orang tentu menginginkan masa liburannya menyenangkan. Harapannya, setelah pulang fisik dan pikiran akan kembali segar. Anda pun siap memulai aktivitas dengan semangat baru. Namun, ketika Anda jatuh sakit saat berlibur semua impian tersebut akan buyar. Bila Anda sakit, Anda harus melupakan tempat-tempat wisata yang sudah Anda incar selama ini. Bila kondisi sakit parah, situasinya tentu jadi jauh lebih runyam karena Anda harus masuk rumah sakit.

Apalagi bila Anda melakukan perjalanan liburan ke luar negeri. Bila Anda tidak dilindungi asuransi perjalanan sudah dipastikan keuangan Anda akan goyang setelah liburan. Alasannya, biaya pengobatan di luar negeri sangat mahal. Untuk itu, sebisa mungkin jaga kesehatan saat Anda berlibur dengan tetap berolahraga dan mengontrol asupan.

Ketinggalan pesawat

Saat akan pergi berlibur ataupun saat pulangd ari liburan usahakan agar tidak ketinggalan pesawat karena alasan-alasan yang tidak bisa diterima. Contohnya seperti telat karena bangun terlalu siang. Hal ini tidak bisa ditolerir oleh pihak maskapai, sehingga uang yang sudah kamu keluarkan untuk membeli tiket pesawat akan melayang begitu saja.

Namun, bila Anda ketinggalan pesawat untuk hal yang bisa ditoleransi mulai dari terjebak huru-hara hingga cuaca buruk saat di perjalanan menuju bandara, asuransi perjalanan bisa menyelamatkan Anda dari potensi kebangkrutan usai berlibur. (Baca juga: Ini Tandanya Kamu Harus Resign Kerja dan Mulai Tekuni Hobi)

 

 

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section