1. HOME
    2. FINANCE
INSPIRATORY BISNIS

Nita Ambani, First Lady Dunia Bisnis India yang Disegani

Nita adalah sosok wanita penuh ambisi yang cinta keluarga, ia tak ingin hanya jadi 'hiasan' sang suami.

By Dwifantya Aquina 12 April 2016 13:50
Nita Ambani, wanita pebisnis sukses dari India (Forbes)

Money.id - Forbes Asia baru saja merilis daftar 50 perempuan yang paling kuat di Asia untuk edisi April 2016. Delapan di antaranya adalah perempuan India.

Namun hanya satu yang paling kuat di antaranya semuanya. Dialah Nita Ambani yang menjadi direktur di dewan komisaris Reliance Industries dan pendiri sekaligus chairman badan amal Reliance Foundation.

"Di negara di mana istri miliarder cenderung tetap dalam bayang-bayang suami mereka, profil Nita yang menonjol di kekaisaran Reliance adalah sesuatu yang tidak biasa dan itu mengantarnya menjalani debut sebagai Power Businesswomen tahun ini," kata NaazneenKarmali dari Forbes.

Nita adalah istri dari MukeshAmbani, miliarder India yang mendirikan Reliance JioInfocomm, anak perusahaan raksasa minyak dan gas bumi Reliance Industries yang bergerak di bisnis telko.

Di perusahaan suaminya itu, Nita lebih banyak terlibat di bagian pemasaran dan strategi brandingJioInfocomm.

"Ini adalah dunia baru yang penuh tantangan bagi kami. Jadi kami memutuskan, setelah banyak perdebatan, untuk melepaskan diri dari yang lama," jelas Nita dari kantor pusat Reliance di Mumbai Selatan.

Dia menempati meja di kantor terbuka yang menaungi bisnis olahraga Reliance, di mana dia juga sebagai pengawas. Sementara Mukesh bekerja dari sudut ruang lama ayahnya di lantai yang lebih tinggi.

Mengenai ruang kerja yang terpisah itu, Nita beralasan dia lebih suka berbaur dengan karyawan. Budaya kantor terbuka itu juga coba dia terapkan pada dua anak kembarnya yang menempuh pendidikan di Amerika, Isha dan Akash.

Kedua anaknya itu juga bekerja di 'kampus' JioInfocomm. Seperti ibunya, mereka membantu di bidang pemasaran. "Saya suka menjadi mentor mereka juga," kata Nita.

"Nita menyediakan 'software' untuk budaya 'hardware' Reliance untuk menciptakan lingkungan yang berfungsi dengan baik. Ketika Reliance menjadi lebih berorientasi pada konsumen maka sentuhan lembut kini menjadi penting," kata Adil Zainulbhai, mantan ketua McKinsey di India yang merupakan direktur dewan independen Reliance.

 

NEXT: Gadis biasa bertransformasi menjadi firstlady >>>>

Baca Juga

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section