1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Kiat Berhemat, Ini 5 Hal Berbayar yang Anda Bisa Dapatkan Gratis

Untuk apa bayar kalau bisa mendapatkan secara gratis..

By Abdul Kharis 21 April 2016 10:03
Ilustrasi orang yang sedang memakai paket internet (pixabay)

Money.id - Publik sering bingung saat akan memangkas pengeluaran keuangan. Tenang saja, ada caranya, Anda dapat memangkas pengeluaran keuangan dengan mendapatkan hal berbayar secara gratis.

Mengutip dari frugalliving.about.com, Rabu, 20 April 2016, berikut adalah lima hal berbayar yang Anda bisa dapatkan gratis.

1. Memotong rambut

Sekolah tata rias sering mencari bahan percobaan untuk memotong rambut. Anda pun bisa dijadikan bahan eksperimen para calon penata rias tersebut.

Lihatlah ke layanan yang ditawarkan oleh sekolah tata rias terdekat dan Anda akan mendapatkan pemotongan rambut secara gratis.

2. Antivirus komputer

Anda tidak memerlukan antivirus komputer berbayar, karena dapat diunduh gratis melalui Microsoft Security Essentials, atau mencoba salah satu program gratis dari AVG atau Avast. Mereka akan menjaga komputer Anda dari virus, tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.

3. Paket internet

Gantilah layanan DSL atau broadband internet Anda, dan menggantinya dengan Internet nirkabel 4G bebas dari FreedomPop. Bisa juga menggunakan hot spot free wi-fi yang tersedia di restoran atau tempat nongkrong.

4. Komunikasi jarak jauh

Biaya panggilan telepon interlokal atau internasional memiliki tarif yang sangat mahal. Tetapi, menggunakan Skype, Gmail, atau media sosial lainnya akan membuatnya gratis atau hanya akan memakan kuota internet Anda.

5. Perawatan gigi

Carilah sekolah perawatan gigi di daerah Anda atau universitas yang mengadakan fakultas kedokteran gigi. Hal ini dapat menjadi cara yang bagus untuk mencetak gigi gratis (atau murah), melakukan perawatan gigi tanpa mengeluarkan uang.

Baca Juga

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section