1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Ini Aturan Investasi yang Belum Diketahui Orang

Investasi mempunyai aturan dasar yang harus diikuti agar meraih kesuksesan saat melakukannya.

By Abdul Kharis 9 Mei 2016 11:03
Ilustrasi investasi (pixabay.com)

Money.id - Investasi mempunyai aturan dasar yang harus diikuti agar meraih kesuksesan saat melakukannya. Ternyata, aturan-aturan dasar berinvestasi sama seperti aturan hidup.

Mengutip dari tipsonlifeandlove.com, Senin, 9 Mei 2016, misalnya, batasi diri saat berinvestasi, begitu juga dalam hidup. Berikut adalah empat aturan dasar investasi yang juga menjadi aturan dalam hidup.

1. Batasi diri

Lihatlah portofolio dan modal Anda, lalu batasi diri. Pastikan bahwa berinvestasi hanya 5 persen dari uang Anda dalam satu saham atau obligasi, dan hanya 20 persen dalam satu segmen. Apa pun lebih dari itu, akan membuat risiko yang tinggi dan mendestabilisasi portofolio Anda.

Begitu juga dalam hidup, batasi diri Anda saat akan mengeluarkan uang untuk sesuatu hal seperti membuka usaha atau membeli keperluan.

2. Jangan lakukan hal yang tidak dimengerti

Berinvestasilah pada hal yang Anda dapat mengerti, apabila berinvestasi pada hal yang tidak dimengerti, maka akan mengalami kerugian. Begitu juga dengan hidup, jalani dan kerjakan hal yang Anda mengerti.

3. Jangan serakah

Di dalam kehidupan sehari-hari, Anda tidak boleh serakah. Begitu juga dengan investasi, misalnya saat pasar saham sedang bagus, karena Anda ingin memndapatkan keuntungan yang besar, maka semua modal diinvestasikan.

Tetapi pasar saham ternyata berkata lain, saham mengalami penurunan. Dan ternyata Anda mengalami kerugian karena keserakahan.

4. Jangan percaya orang tidak dikenal

Saat berinvestasi, jangan pernah mempercayai saran dari orang-orang yang tidak dikenal. Begitu juga dengan hidup, jangan mudah mempercayai saran dari orang yang tidak dikenali. (poy)

Baca Juga

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section