1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Ini 4 Hal yang Anak Kecil Harus Pelajari Tentang Uang

Pemahaman tentang keuangan harus diberikan agar mereka tidak mengalami kesulitan saat beranjak dewasa.

By Abdul Kharis 12 Mei 2016 15:26
Ilustrasi anak kecil (storify.com)

Money.id - Anak-anak adalah masa yang indah untuk bermain. Pada masa itu, anak-anak masih belum mengetahui tentang keuangan yang sesungguhnya. Adalah tugas orang tua mengajarkan hal-hal penting semenjak dini seperti membuat anggaran keuangan.

Apabila orang tua tidak mengajarkan kepada anaknya tentang hal keuangan sejak dini, hal ini bisa menjadi masalah yang serius ke depannya.

Terkadang memang anak kecil tidak peduli tentang masalah keuangan, tetapi pemahaman tentang keuangan harus diberikan agar mereka tidak mengalami kesulitan saat beranjak dewasa.

Oleh karena itu orang tua harus mengajarkan tentang keuangan semenjak buah hati masih belum mengerti tentang uang.

Mengutip dari dailyfinance.com, Kamis, 12 Mei 2016, berikut adalah empat hal tentang uang yang harus diajarkan orang tua kepada anaknya.

1. Buat anggaran keuangan

Anak-anak yang masih menikmati masa sekolah dasar tentu saja mendapatkan uang jajan dari orang tuanya setiap hari. Mereka hanya mendapatkan uang itu setiap hari sebelum berangkat ke sekolah dan memakainya sesuai kehendak hati.

Mereka seperti itu karena belum mengetahui tentang anggaran keuangan. Untuk orang tua yang sudah memiliki anak masih duduk di sekolah dasar, perkenalkan mereka tentang anggaran keuangan secara perlahan.

2. Transaksi perbankan

Ketika masih anak-anak, transaksi di bank menjadi hal yang tabu untuk mereka. Anak kecil hanya mengerti bahwa bank tempat menyimpan uang.

Anak kecil masih belum mengetahui cara transaksi bank online ataupun hanya sekadar transfer uang di ATM. Orang tua bisa mengajarkan mereka dengan mengajak buah hatinya yang masih kecil saat bertrasaksi di ATM ataupun saat melalui gadget.

3. Potensi menjadi jutawan

Ketika masih belia, anak-anak tidak mengetahui potensi dalam diri mereka. Anak kecil tidak menyadari mereka dapat menghasilkan uang banyak di kemudian harinya.

Bahkan, banyak anak kecil yang sudah menghasilkan pemasukan uang yang banyak seperti para artis cilik, akan tetapi mereka tidak menyadarinya. Orang tua harus memberitahukan kepada anaknya tentang potensi yang anak miliki untuk bisa menjadi jutawan.

4. Pentingnya menabung

Nah, yang terakhir mereka belum mengatahui arti pentingnya menabung yang sesungguhanya. Anak kecil hanya menabung karena mendapatkan saran dari orang tua ataupun guru mereka.

Anak kecil belum mengetahui pentingya menabung yang sesungguhnya karena pada dasarnya mereka belum memiliki kebutuhan hidup. Mereka hanya mengerti bahwa menabung adalah mengumpulkan uang agar menjadi banyak tanpa mengetahui pentingnya menabung yang sesungguhnya.

Orang tua harus mengajarkan anaknya semenjak dini tentang pentingnya menabung. Buatlah cerita agar sang anak mengerti tentang fungsi menabung yang sesungguhnya, bukan hanya sekadar mengumpulkan uang saja. (poy)

 

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section