1. HOME
  2. FINANCE

Microsoft & Facebook Investasi Miliaran Dolar AS di Indonesia

Selain dari Microsoft dan Facebook, sejumlah perusahaan teknologi asal AS juga berminat menanam investasi di Indonesia.

By Adhi 30 Oktober 2015 12:00
Rombongan pemerintah di kantor Facebook (dok: Kominfo)

Money.id - Meskipun tanpa Presiden Joko Widodo, para menteri dan pimpinan lembaga pemerintah non-kementerian berupaya mengoptimalkan kunjungan kerjanya ke Silicon Valley, Amerika Serikat. Hal ini dilakukan dengan mendapatkan beberapa tawaran kerjasama dari beberapa perusahaan papan atas di bidang teknologi informasi di Silicon Valley.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani menyampaikan bahwa delegasi telah melakukan serangkaian pertemuan dengan sejumlah pengusaha venture capital Amerika Serikat.

"Ada beberapa kesepakatan yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan Silicon Valley tersebut. Diantaranya kerjasama dengan UKM serta rencana pembangunan pusat riset dan pengembangan," ujarnya dalam keterangan resmi kepada pers, Jumat 30 Oktober 2015.

Franky menjelaskan bahwa dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga menyampaikan beberapa perkembangan layanan investasi yang dilakukan oleh Indonesia. "Terutama terkait perubahan mindset perizinan dengan membuat one stop service, debottlenecking, serta meningkatkan perbaikan iklim investasi,” jelasnya.

Kepala BKPM juga mengemukakan bahwa delegasi mengantongi tawaran bantuan datang dari Microsoft dan Facebook. Dua perusahaan raksasa Silicon Valley dengan kapitalisasi pasar masing-masing dikisaran US$420 miliar dan US$250 miliar.

"Microsoft menawarkan software gratis bagi 47 juta pelajar dan guru-guru di Indonesia, sementara Facebook menawarkan peningkatan kapasitas bagi UKM di desa terpencil. Untuk tahap awal direncanakan peningkatan kapasitas tersebut untuk 500 UKM," katanya.

Selain bertemu dengan pimpinan Microsoft dan Facebook, delegasi juga mengunjungi Google Plug & Play (inkubator dan accelerator), dimana dalam pertemuan dengan Google dilakukan penandatangan nota kesepahaman Project Loon yang berisi tentang kerjasama akses internet di daerah terpencil menggunakan balon udara, antara Google dengan provider telekomunikasi di Indonesia seperti Telkomsel, Indosat, dan XL.

Suka Informasi Ini? Klik Like Ini

(a/a)

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section