1. HOME
  2. FINANCE
MONEY TUESDAY

Menguak Eksistensi Teh SariWangi, Teh Asal Indonesia

SariWangi adalah merek terbesar dalam segmen teh celup di Indonesia sejak tahun 1973.

By Rizki Astuti 19 April 2016 17:44
Teh Celup SariWangi

Money.id - Teh adalah minuman ringan terfavorit kedua di dunia, setelah air putih. Jika diminum secara rutin, teh membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah dan mengurangi kadar kolestrol.

Adalah, SariWangi, satu-satunya merek teh yang menyatukan kepulauan Indonesia secara konsisten untuk mengkomunikasikan kehangatan keluarga. Bahkan SariWangi adalah merek terbesar dalam segmen teh celup di Indonesia sejak tahun 1973.

Awalnya, PT SariWangi AEA berdiri pada tahun 1962, hanya beroperasi di bidang perdagangan teh. Namuun kemudian mereka berubah menjadi produsen teh. Pada akhir 1980-an, perusahaan memperkenalkan sebuah konsep teh dengan merek SariWangi.

Seiring berjalannya waktu, teh buatan Indonesia ini pun mulai dikenal dunia. Bahkan akhirnya mulai diekspor ke negara maju seperti Amerika Serikat, Australia, Timur Tengah, Rusia, dan Malaysia. Hingga tahun 1989, merek teh kantong SariWangi ini dikelola oleh PT Uniliver.

Meski sudah cukup lama SariWangi tetap menjaga kualitas dan keeksistensiannya. Walaupun kini sudah banyak perusahaan yang berdiri dalam bidang yang sama.

Menurut berbagai sumber, SariWangi  bahkan lebih unggul dibanding yang lain, dengan kapasistas produksinya yang mencapai 8 miliar teh celup dengan mesin kemasan buatan sendiri. Tak tanggung-tanggung, SariWangi merupakan pemasok teh hingga 7.000 ton per tahun.

Menurut Andrew T. Supit selaku Managing Director PT. SariWangi AEA, pihaknya sangat mengandalkan pasokan teh dari petani selain dari pihak swasta. Sehingga dilakukan pendampingan tanggung jawab sosial (CSR) SariWangi.

"Kegiatan tersebut petani jadi lebih serius menjaga kualitas panenan sehingga industri teh tanah air bisa eksis. Dan Indonesia tak hilang dari peta teh dunia."


Makna SariWangi

SariWangi hadir untuk menginspirasi keluarga Indonesia. Karena lewat teh tersebut, SariWangi berharap keluarga Indonesia bisa menjaga kehangatan dan kebersamaan berkumpul bersama setidaknya 15 menit setiap harinya.

Tahun 2008, SariWangi hadir dengan kampanye 'Mari Bicara' yang mengajak keluadga Indonesia melakukan obrolan tatap muka untuk membangun kebersamaan yang berkualitas.

SariWangi bahkan sudah banyak memperoleh penghargaan, seperti Costumer Satisfaction Award dari lembaga Riset Roy Morgan pada 2013, sebagai merek teh Indonesia yang paling memuaskan kostumer.

Tak sampai di situ, SariWangi terus meluncurkan inovasinya melalui produk terbarunya, seperti SariWangi Teh Hijau pada 2006, kemudian Sari Murni sejak April 2007, selanjutnya Sari Melati yang dibuat dari teh hitam beraroma melati pada Oktober 2012. 

Baca Juga

(aa/ra)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section