1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Lakukan 5 Cara Ini Agar Lebih Kaya Tahun Depan

Cari target hidup yang bisa Anda capai setahun ke depan.

By Dwifantya Aquina 25 Oktober 2016 07:10
Anda harus punya strategi agar bisa lebih kaya (plaubuzz)

Money.id - Tahun baru sudah semakin dekat. Sudah saatnya menyiapkan diri untuk mengahadapi tantangan hidup yang lebih hebat di tahun mendatang. Dalam hal ekonomi, Anda juga harus lebih mapan. Hal ini penting karena biaya dan tuntutan hidup akan semakin meningkat di tahun depan.

Nah, agar bisa lebih mapan secara finansial di tahun depan, berikut 5 cara yang bisa Anda lakukan seperti dikutip dari CekAja.com:

Buat tujuan keuanganmu

Anda merasa tidak mencapai sesuatu tahun ini? Bisa jadi karena Anda tidak punya target khusus. Dengan memiliki target, Anda bisa lebih termotivasi untuk mencapainya. Sebelum menyambut tahun depan, ada baiknya untuk merenung sejak sekarang.

Cari target hidup yang bisa Anda capai setahun ke depan. Targetnya bisa dalam bentuk karier atau pembelian barang berharga. Sebut saja Anda ingin naik jabatan, ingin memiliki rumah atau membeli kendaraan idaman. (Baca juga:Ilmu Melipatgandakan Uang yang Digunakan Para Miliarder Dunia)

Revisi pengeluaran

Coba lihat kondisi keuangan Anda dalam setahun terakhir? Apakah uang yang berhasil Anda sisihkan untuk tabungan sudah vukup? Atau jangan-jangan jumlah yang berhasil disimpan sangat minim. Jika demikian, maka ada yang salah dengan pengeluaran Anda. Ada baiknya untuk mencermati kembali gaya hidup Anda.

Jangan-jangan, selama ini Anda sudah terlalu banyak memboroskan uang untuk hal yang tak penting. Jika ingin siap secara finansial dalam menyongsong tahun depan, Anda wajib bertekad untuk lebih bijak dalam menggunakan uang. Kurangi pengeluaran-pengeluaran yang tidak penting sehingga ada lebih banyak uang tersisa untuk ditabung.

Lindungi diri Anda

Tahun ini Anda pernah mengalami sakit? Mengalami bencana finansial seperti PHK atau mengalami kehilangan dan kerusakan barang berharga? Jika demikian, ini adalah saat yang tepat untuk melakukan refleksi. Coba renungkan apakah kejadian tersebut membuat keungan Anda terpuruk atau tidak.

Jika Anda mengalami bencana finansial akibat sekian kejadian buruk di tahun ini, tandanya Anda belum melindungi diri dengan baik. Sebelum tahun ini berlalu, saatnya melindungi diri dengan perlindungan finansial terbaik dalam bentu asuransi. Ada bisa menggunakan asuransi kesehatan, asuransi jiwa dan asuransi kendaraan agar lebih baik di tahun mendatang.

Pikirkan apakah perlu tambahan penghasilan?

Hal lain yang perlu direnungkan adalah penghasilan. Apakah sejauh ini penghasilan Anda mencukupi kebutuhan hidup? Atau malah Anda masih merasa kekurangan? Jika Anda merasa penghasilan yang diterima saat ini jauh dari idel, tahun depan Anda sudah harus mengubah keadaaan.

Siapkan kantong-kantong penghasilan tambahan. Banyak cara untuk memperolehnya mulai dari menjalankan bisnis sampingan minim modal atau pekerjaan sampingan yang bisa berikan gaji tinggi. Pikirkan dan rencanakan sejak sekarang sehingga tahun depan Anda tinggal menjalankannya.
Mulailah berinvestasi

Dengan berinvestasi, uang yang Anda sisihkan sebagai simpanan akan berkembang jumlahnya. Coba pelajari berbagai instrumen investasi mulai dari emas, reksadana, saham, deposito, atau lainnya. Jika Anda belum memiliki inventasi tahun ini, pastikan tahun depan Anda sudah memulainya. (Baca juga: Ternyata Nasib Mujur Ada Rumusnya!)

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section