1. HOME
  2. FINANCE
BISNIS PROPERTI

KPR Masih Jadi Andalan Calon Pemilik Rumah

Padahal, bunga KPR yang diajukan terhitung cukup tinggi.

By Adhi 23 Agustus 2016 11:15
Ilustrasi (cbn.co.za)

Money.id - Semakin tingginya harga properti membuat sebagian besar orang kesulitan dan kebingungan untuk memiliki rumah. Satu-satunya cara yang dapat dilakukan untuk memiliki rumah dengan cepat yaitu dengan mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Ya, program KPR memang menjadi andalan bagi sebagian besar orang, terutama masyarakat yang masih memiliki dana terbatas. Cukup melengkapi dan mengajukan berkas KPR ke bank, Anda bisa memiliki rumah impian dengan sangat cepat.

KPR Jadi Pilihan Utama

Berdasarkan data survei yang dirilis oleh Bank Indonesia (BI), sebagian besar konsumen tetap menjadikan KPR sebagai pilihan utama ketika melakukan transaksi pembelian properti. Jumlahnya sendiri bahkan mencapai angka 75,68%.

Besarnya jumlah konsumen ternyata mendominasi tipe rumah jenis tertentu, yaitu tipe kecil dan tipe menengah. Angka tersebut ternyata mengalami penurunan 2,14% dari periode survei sebelumnya yang mencapai 77,82%.

Padahal seperti yang kita ketahui bersama, bunga KPR yang ditawarkan oleh masing-masing kelompok bank bersero angkanya cukup tinggi. Ya, bunga yang harus ditanggung oleh seseorang yang mengajukan KPR bisa mencapai 9-12%.

Jika dibandingkan dengan pembayaran tunai bertahap, angka tersebut tergolong sangat jauh. Berdasarkan data BI pada triwulan II tahun 2016, komsumen yang menggunakan tunai bertahap hanya sebesar 16,44%. Meskipun kecil, angka tersebut menunjukkan kenaikan karena pada periode sebelumnya hanya 15,01%.

Selengkapnya, simak di tautan berikut ini.

Baca juga:

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section