1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Keuntungan Finansial Ini Anda Dapat Setelah Menikah

Menikah justru sangat menguntungkan lho. Selain bisa lebih cerdas finansial, orang yang menikah juga bisa lebih kaya.

By Dwifantya Aquina 27 Oktober 2016 09:14
Setelah menikah justru Anda bisa lebih kaya (Weddingku.com)

Money.id - Dari sudut pandang agama, pernikahan adalah ibadah. Dengan menikah, Anda bisa menyempurnakan amalan agama. Namun banyak orang justru takut menikah. Sebagian besar alasannya adalah kesipaan finansial.

Padahal, dari sisi ilmu keuangan menikah justru sangat menguntungkan lho. Selain bisa lebih cerdas finansial, orang yang menikah juga bisa lebih kaya. Berikut 5 keuntungan yang diperoleh setelah menikah seperti dikutip CekAja.com:

Penghasilan meningkat

Persentase orang mencapai kesuksesan finansial lebih tinggi saat menikah dibandingkan ketika lajang. Alasannya, saat menikah penghasilan seseorang biasanya meningkat. Bukan hanya karena penggabungan pendapatan antara suami dan istri, ketika menikah gaji dan tunjangan seseorang biasanya bertambah.

Virginia Commonwealth University bahkan membuat penelitian yang menyimpulkan 22% pria menikah akan mendapatkan kenaikan penghasilan. Di Indonesia, pria menikah biasanya mendapatkan tunjangan pendidikan anak, tunjangan kesehatan dan tunjangan makan yang jauh lebih besar dibandingkan pria lajang. (Baca juga: Skill yang Bisa Datangkan Uang dari Momen Pernikahan)

Lebih mudah membeli rumah

Biasanya pria maupun wanita lajang kesulitan membeli rumah secara kredit. Alasannya karena penghasilan yang belum mencukupi. Bank pun biasanya hanya memberikan kredit pada orang dengan penghasilan yang layak kredit. Lain halnya jika Anda sudah menikah dan memiliki pasangan yang bekerja. Dengan melakukan penggabungan pendapatan, pasangan menikah akan lebih mudah memenuhi syarat kelayakan kredit yang diajukan bank.

Saling mengawasi satu sama lain

Pria dan wanita lajang biasanya bermasalah dengan keuangan seperti boros dan susah menabung. Namun, setelah menikah masalah-masalah tersebut perlahan-lahan menghilang. Selain karena orientasi hidup yang sudah berbeda, menikah membuat pasangan lebih mudah mengontrol perilaku teman hidupnya.

Saat menikah, orang yang memiliki kebiasaan positif dalam hal finansial pun bisa menularkan pengetahuan dan kebiasaannya pada pasangan. Faktanya, saat menikah orang pun lebih fokus untuk menabung dan mengumpulkan uang untuk tujuan finansial yang lebih mendasar.

Biaya kesehatan menurun

Banyak penelitian mengungkapkan bahwa menikah dapat membuat seseorang jadi lebih bahagia. Dengan hidup lebih bahagia, kesehatan seseorang juga jadi lebih baik lagi. Menikah juga membuat orang lebih sehat karena pasangan dapat saling mengontrol gaya hidup .

Bila saat lajang seseorang punya kebiasaan tidur larut atau makan-makanan siap saji, setelah menikah seseorang biasanya punya gaya hidup yang lebih sehat seperti tidur tepat waktu, makan-makanan sehat dan rutin berolahraga. (Baca juga: Daftar Mobil Dua Pintu dengan Harga Murah)

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section