1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Kenapa Saat Pinjam Uang ke Bank Anda Ditawari Asuransi Kredit?

Ada beberapa mekanisme asuransi yang penting untuk Anda ketahui. Simak yang berikut ini.

By Dwifantya Aquina 26 April 2016 15:55
Ilustrasi pinjam uang ke bank (glamour.com)

Money.id - Risiko bisa datang kapan saja. Itu sebabnya kredit atau pinjaman bank Anda selalu disertakan asuransi. Namun, seberapa penting asuransi ini?

Simak beberapa pertanyaan berikut yang dikutip CekAja.com, maka selanjutnya Anda akan tahu berbagai hal tentang asuransi pinjaman.

Apa itu asuransi pinjaman/kredit?

Asuransi kredit (credit insurance) mulanya dikenal dalam lingkungan asuransi jiwa dalam bentuk perlindungan kepada kreditur terhadap risiko macetnya pelunasan sisa pinjaman kreditur. Asuransi ini dikenal pula dengan istilah asuransi jiwa kredit (credit life insurance).

Asurasi penjaminan kredit pada dasarnya adalah bentuk gabungan dari asuransi kredit dan penjaminan kredit yang meng-cover ketidakmampuan debitur dalam melunasi sisa pinjaman kepada kreditur sebagai akibat risiko meninggal dunia dan wanprestasi dari sang kreditur. Mekanisme asuransi berjalan pada saat debitur meninggal dunia, sedangkan penjaminan akan berperan pada saat terjadi klaim meninggal dunia.

(Baca: 5 Pedoman Ajukan Pinjaman ke Bank)

Jenis pinjaman apa yang disertakan asuransi?

Pada dasarnya kredit yang diberikan oleh bank, baik bank pemerintah maupun swasta tidak terlepas dari risiko kredit. Karena itu, saat ini setiap pinjaman atau kredit yang dikucurkan bank selalu disertakan asuransi.

Apakah ada premi?

Seperti asuransi umumnya, asuransi kredit ini juga memiliki premi. Namun, ada beberapa bank yang menawarkan jenis asuransi tanpa premi apapun atau jumlah asuransi dengan premi yang murah. Jumlah premi biasanya bervariasi dari bank ke bank dan tergantung pada:

• Usia seseorang yang mengambil pinjaman: Premi biasanya lebih tinggi untuk seseorang yang berumur lebih tua atau mendekati masa pensiun.
• Jumlah pinjaman: Jika jumlah pinjaman tinggi, pembayaran premi juga akan lebih tinggi karena bank juga memiliki kewajiban yang lebih tinggi pada hal ini.
• Lama pinjaman: Jika periode pembayaran lebih lama, premi yang harus dibayar juga lebih tinggi.

Kesimpulannya, apa saja yang perlu Anda tanya kembali?

1. Apa saja yang disertakan? Apakah mencakup kematian karena kecelakaan atau kematian oleh sebab apapun? Apakah itu mencakup cacat sementara, atau apakah asuransi itu hanya menutupi cacat tetap?

2. Persyaratan. Periksa kriteria dan kelayakan untuk asuransi. Apakah asuransi ini memiliki syarat pinjaman dalam jumlah tertentu.

3. Pembayaran premi. Periksa apakah pembayaran premi disertakan sebagai bagian dari cicilan atau dibayar sekaligus.

 

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section