1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Utang, Masalah atau Kebutuhan?

Banyak orang yang masih menganggap utang adalah hal yang salah.

By Abdul Kharis 20 Mei 2016 11:32
Uang (en.citizendaily.net)

Money.id - Publik masih banyak yang berbeda pendapat tentang utang. Ada yang menganggapnya merupakan masalah, tapi ada juga yang melihatnya sebagai sebuah kebutuhan. Tak sedikit orang yang masih menganggap utang adalah hal yang salah.

Sebenarnya, utang itu tergantung dari orang yang melaksanakannya. Ada yang melakukannya untuk hal yang konsumtif, dan tidak sedikit yang memakainya untuk hal produktif.

Mengutip dari website resmi milik ATM Bersama, Jumat, 20 Mei 2016, menurut penggunaannya, utang bisa dibedakan menjadi dua macam, yaitu produktif dan komsumtif.

Utang produktif adalah yang Anda gunakan untuk membeli aset produktif. Aset produktif adalah aset yang nilainya terus meningkat atau menghasilkan nilai yang lebih besar dari cicilan hutang.

Aset produktif di antaranya adalah kredit pemilikan rumah (KPR), kredit investasi, atau kredit modal kerja.

Sebaliknya, segala jenis utang yang kita manfaatkan untuk membeli aset komsumtif dinamakan utang komsumtif. Misal, kartu kredit untuk belanja barang di mal atau makan di restoran.

Jadi, utang tidak bisa dibilang sebagai benar atau salah. Semua tergantung dari individu yang menjalaninya. Ingin tahu lebih lengkap tentang utang, kunjungi situs ini. 

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section