1. HOME
  2. FINANCE
INSPIRATORY BISNIS

Kakak Beradik Bos Rokok Jadi Orang Terkaya Nomor 1 dan 2 di Indonesia

Pemilik dari perusahaan Djarum, R. Budi Hartono dan Michael Hartono di daulat menjadi orang terkaya nomor satu dan dua di Indonesia.

By Abdul Kharis 30 Mei 2016 08:07
Robert Budi Hartono (youtube)

Money.id - Siapa yang tidak mengetahui produk rokok Djarum Super buatan kakak beradik Hartono. Hampir semua masyarakat Indonesia mengenal produk rokok tersebut.

Pemilik dari perusahaan rokok tersebut, R. Budi Hartono dan Michael Hartono di daulat menjadi orang terkaya nomor satu dan dua di Indonesia oleh majalah Forbes.

Forbes adalah media ekonomi dunia yang sudah cukup dikenal dan mempunyai nama.

Mengutip dari Forbes.com, Senin, 30 Mei 2016, berikut adalah detail pencapaian yang telah didapat oleh kakak beradik Hartono sampai dengan saat ini.

1. Robert Budi Hartono

Budi Hartono menjadi orang terkaya nomor satu di Indonesia pada 2016. Keberhasilan Budi tak terlepas dari peran ayahnya, Oei Wie Gwan, yang mengakuisisi perusahaan rokok yang hampir bangkrut pada 1950.

Kini perusahaan yang dikenal dengan Djarum telah mengantarkan pria 75 tahun itu menjadi salah satu pengusaha rokok terbesar di Indonesia. Budi yang juga memiliki saham besar di Bank Central Asia, telah memiliki kekayaan 8,3 miliar dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 110 triliun.

Menduduki peringkat pertama Indonesia, Robert Budi Hartono berada di urutan 141 orang terkaya di dunia.

2. Michael Hartono

Michael Hartono yang merupakan kakak kandung dari Robert Budi Hartono menduduki peringkat dua orang terkaya di Indonesia. Saat ini, dia beserta kakaknya memegang aset berharga dalam Bank Central Asia yang merupakan salah satu lembaga keuangan terbesar di Indonesia.

Hal lain yang menyumbang pendapatan besar Michael adalah dari industri rokok kretek yang merupakan perpaduan cengkeh, tembakau dan bahan lainnya. Pria 76 tahun ini memiliki kekayaan 8,1 miliar dolar AS atau sekitar Rp 107,38 triliun.

Berada di posisi dua orang terkaya di Indonesia, Michael Hartono berada di urutan 146 orang terkaya di dunia.

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section