1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Jangan Terlambat, Ini 6 Langkah Siapkan Masa Pensiun Anda

Tidak ada kata terlalu cepat untuk menyiapkan dana untuk masa pensiun Anda dari sekarang.

By Dian Rosalina 11 Oktober 2016 09:07
Ilustrasi Pensiun

Money.id - Sebagai seorang pekerja, tujuan akhir Anda bekerja adalah untuk investasi masa depan dan bekal saat hari tua tiba. Tidak ada kata terlalu cepat untuk menyiapkan dana untuk masa pensiun Anda dari sekarang.

Dengan kebutuhan hidup yang semakin meningkat, membuat Anda harus pandai mengatur keuangan. Ditambah sebagai pekerja muda dan baru mendapatkan pekerjaan, pengeluaran Anda sangat banyak. Sebaiknya mulai dari sekarang Anda menyisihkan untuk dana pensiun Anda.

Bagaimana caranya? Nah berikut ini adalah tips bagaimana Anda bisa mempersiapkan dana pensiun di masa tua nanti. Berikut ulasannya yang dikutip dari Aturduit, Selasa 11 Oktober 2016.

Mulai dari Sekarang

Bagi Anda yang selalu mengira bahwa menabung bisa ditunda karena umur yang masih muda, itu salah. Karena semakin Anda memulai untuk menabung, Anda bisa mengumpulkan uang sedini mungkin.

Bila kesulitan, mintalah bantuan orang terdekat atau orangtua untuk bisa membantu Anda menyimpan tabungan atau mengatur keuangan setiap bulannya minimal ada 3-10 persen dari penghasilan yang bisa Anda tabung setiap bulannya untuk persiapan dana pensiun.

Rencanakan Anggaran Pengeluaran Bulanan

Dengan adanya biaya pengeluaran yang terencana setiap bulannya, membuat keuangan Anda tertata secara rapi, sehingga tidak membuat Anda lupa diri dan akhirnya malah menguras seluruh pendapatan yang Anda terima.

Untuk bisa menghemat pengeluaran, mulai dari makan siang, Anda bisa siasati dengan membawa bekal dari rumah atau membeli makanan yang tidak terlalu mahal. Antara Rp12-15 ribu dirasa cukup untuk sekali makan.

Lunasi Utang

Keteledoran di masa lalu bisa membaut Anda mempunyai hutang yang harus dibayarkan setiap bulannya. Sebaiknya lunasi utang-utang Anda mulai sekarang, agar Anda tidak merasa dikejar utang.

Terutama jika Anda memiliki kartu kredit, jangan sampai telat untuk membayarnya, karena bungan membuat hutang Anda menjadi tidak ada habisnya. Lebih baik juga menghentikan penggunaan kartu kredit jika Anda tidak bisa memakainya.

Dana Darurat

Menurut teori, seorang yang belum berkeluarga setidaknya harus memiliki simpanan dana darurat sebesar tiga kali gaji bulanan. Sedangkan Anda yang sudah berkeluarga, minimal memiliki enam kali lipat gaji bulanan. Dana darurat berfungsi untuk menjadi penyelamat Anda saat kondisi keuangan sedang memburuk.

Investasi

Ini adalah sesuatu yang sebaiknya Anda jalani, dengan berinvestasi Anda bisa mendapatkan penghasilan pasif. Menyisihkan sebagian pendapatan untuk berinvestasi menjadi pilihan terbaik yang bisa Anda lakukan saat ini.

Anda bisa memilih investasi yang sesuai dengan minat Anda. Yang terpenting investasi tersebut sesuai dengan kemampuan Anda baik untuk masalah modal maupun kesiapan Anda dalam berinvestasi. (dwq)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section