1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Jangan Sepelekan 5 Hal Ini Saat Ajukan Kartu Kredit

Ingat, kartu kredit adalah utang, bukan aset!

By Dwifantya Aquina 29 April 2016 11:55
Ilustrasi belanja dengan kartu kredit (blog.credit.com)

Money.id - Kartu kredit merupakan alat bantu transaksi yang sudah cukup dikenal masyarakat Indonesia sehari-hari. Penggunaan kartu kredit mudah ditemui di mana-mana, apalagi karena banyaknya fitur seperti diskon dan cashback yang ditawarkan jika kita menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran.

Bagi kamu yang belum punya kartu kredit dan ingin mencoba untuk mengajukan aplikasinya, coba cek 5 hal yang perlu dicermati saat pengajuan kartu kredit pertama kali:

1. Pelajari pengetahuan umum seputar kartu kredit
Sebelum mengajukan untuk kartu kredit, kamu harus mengerti dasar-dasar cara kerja kartu kredit. Satu hal paling penting yang perlu kamu ketahui, kartu kredit merupakan utang, bukan aset. Dengan cara ini, kamu bisa minimal mengetahui cara benar penggunaan kartu kredit agar tidak sampai boros dan tetap bisa menikmati keuntungan dari kepemilikan kartu kredit.

Baca juga: 5 Cara Mengatur Keuangan Kuliah Sambil Bekerja!

2. Cari yang bebas biaya tahunan
Bank tertentu akan meniadakan pembayaran biaya tahunan untuk tahun pertama kepemilikan kartu kedit. Kalau beruntung, kamu bisa saja mendapatkan promo bebas biaya tahunan untuk lebih dari setahun. Kesempatan ini sebaiknya diambil karena akan membuat ringan jumlah tagihan kartu kredit kamu.

Kamu juga harus memastikan bahwa bank tidak akan mengenakan penalti jika kamu tidak menggunakan kartu kredit kamu. Selain itu, pelajari juga apakah bank memiliki kebijakan untuk menghapuskan biaya tahunan berikutnya selama akumulasi transaksi tagihan kamu mencapai jumlah tertentu.

Baca juga: 21 Wanita Indonesia Berprestasi yang Bisa Menjadi Inspirasi Kesuksesan!

3. Cari yang suku bunganya rendah
Kartu kredit dengan bunga rendah, akan meringankan pembayaran cicilan bulanan kamu. Berhubung ini pertama kalinya kamu akan menggunakan kartu kredit, suku bunga yang rendah setidaknya memberikan keringanan dalam pembayaran cicilan ataupun bunga keterlambatan.

Meskipun mungkin fiturnya tidak sebanyak kartu kredit yang suku bunganya tinggi, kartu kredit suku bunga rendah lebih tepat bagi kamu yang baru mulai mencoba bertransaksi dengan kartu kredit

Baca juga: 9 Biaya Apartemen yang Sering Terlupakan saat Perencanaan Menabung!

4. Pastikan dokumen pribadi kamu lengkap
Saat mengajukan aplikasi kartu kredit, kamu pasti akan dimintai berbagai data seperti nomer kontak dan kelengkapan dokumen pribadi seperti KTP, NPWP, dan slip gaji. Pastikan agar kamu sudah menyiapkan seluruh dokumen pribadi yang sesuai dengan kebutuhan bank tempat kamu akan mulai mengajukan kartu kredit. Kesalahan atau kelalaian data pribadi dapat menyebabkan aplikasi kamu ditolak.

Baca juga: 7 Artis Indonesia yang Sukses Menjadi Pengusaha!

5. Siap membandingkan beberapa produk kartu kredit
Yang paling penting, jangan lupa untuk membandingkan berbagai produk kartu kredit. Jangan karena kebetulan ada promo, misalnya power bank gratis untuk setiap pengajuan aplikasi, kamu langsung asal mengajukan aplikasi.

Kalau kamu punya kebanyakan kartu kredit yang tidak memberikan manfaat tambahan untuk kamu, bisa-bisa kamu malah menjadi lebih boros dan tidak hemat karena harus membayar biaya tahunan untuk kartu kredit yang tidak begitu berguna.

Gunakan situs perbandingan produk keuangan populer seperti HaloMoney.co.id untuk mempermudah kamu melakukannya.

Baca Juga

 

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section