1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Jangan Katakan Ini kepada Teman yang Sedang Terjebak Utang

Seseorang yang sedang terlilit utang tidak peduli apakah orang lain juga memilliki masalah sama atau tidak.

By Dwifantya Aquina 22 Maret 2016 09:42
Ilustrasi orang yang terlilit utang (Gameranx.com)

Money.id - Mungkin saja di antara teman atau kerabat Anda sedang terlilit utang. Kalau ya, Anda harus hati-hati dalam memberi nasihat kepadanya. Meski dia tidak meminta nasihat pun, sebaiknya Anda tidak menyinggung-nyinggung soal utang karena orang yang terlilit utang biasanya lebih sensitif.

Urusan uang juga juga sering dikaitkan dengan emosi pribadi. Agar Anda bisa lebih bijaksana untuk mengajaknya diskusi, stop katakan kalimat berikut:

“Setiap orang pasti punya utang”

Seseorang yang sedang terlilit utang tidak peduli apakah orang lain juga memilliki masalah sama atau tidak. Hal ini disampaikan oleh Cherie Lowe, blogger di QueenofFree.net dan penulis Slaying the Debt Dragon: How One Family Conquered Their Money Monster and Found an Inspired Happily Ever After. Lagi pula kalimat ini tidak membantunya keuar dari masalah sama sekali.

“Meremehkan masalah orang lain dengan menyarankan seseorang harus meminjam pada orang lain atau menghabiskan uang yang tidak mereka punya adalah saran yang sama sekali tidak membantu,” kata Lowe.

“Gunakan saja kartu kredit”

Amanda, akuntan publik bersertifikat dari Amerika, mengatakan bahwa ketika ia berada di tengah utang seseorang mengatakan kepadanya untuk menggunakan kartu kredit. Ini karena, “Anda bisa melunasinya lain waktu.” Kalau Anda menawarkan saran ini, Anda hanya membuat temanmu makin terjerat utang daripada membantunya memecahkan masalah.

“Lagian, kenapa boros banget sih?”

Kalau Anda tidak terlalu dekat dengan temanmu, pertanyaan ini seakan menuduh kalau dia tidak bertanggung jawab mengelola uang. Tapi kalau kalian cukup dekat, kalimat ini cukup ampuh untuk membuatnya tersadar akan kebiasaan buruknya.

“Aku tidak akan kasih pinjaman walau punya uang”

Jangan pernah sebutkan jumlah tabunganmu karena Anda pasti dicap sombong. Kalau memang tidak berminat membantunya, simpan rapat-rapat pembahasan soal tabungan. (Baca juga: Lima Sumber Utang Tak Terduga yang Harus Anda Waspadai)

“Utang cuma segitu sih tidak terlalu banyak”

Temanmu sudah cukup kebingungan dengan utangnya dan jangan bilang kalau jumlah tersebut tidak apa-apanya buatmu. Bahayanya, kalau temanmu berpikir sama, dia mungkin berniat menghabiskan lebih banyak uang karena merasa utangnya tidak seberapa.

“Jangan mengeluh, utangku lebih banyak”

Kalimat ini seakan mengesankan kalau temanmu tidak boleh protes rumahnya kebanjiran karena rumahmu juga hancur karena gempa bumi. Selain tidak menawarkan solusi, kalimat ini membuatmu seakan tidak peduli pada masalahnya.

(Baca juga: Lima Kebiasaan Ini Bisa Membuatmu Terbebas dari Utang)

“Pakai saja uangku”

Bagai buah simalakama, Anda Anda sebaiknya tidak menawarkan pinjaman pada orang yang berutang? Mengapa? Karena hal ini bisa membuatnya ketergantungan dan tidak menyelesaikan masalah. Kalau nantinya dia kesulitan mengembalikan pinjaman, maka hubungan kalian bisa bermasalah.

Baca Juga

 

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section