1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

5 Fakta Menarik Berlian Biru Termahal di Dunia

Sebuah berlian biru terjual seharga US$ 31,8 juta dalam sebuah acara lelang pada Selasa lalu di Hongkong.

By Azalia Amadea 10 April 2016 14:25
Ilustrasi berlian biru (Foto: cnn.com)

Money.id - Sebuah berlian biru terjual seharga US$ 31,8 juta di sebuah lelang pada hari Selasa lalu di rumah lelang Sotheby cabang Hong Kong.

Batu mulia berkadar 10,10 karat itu mendapat gelar sebagai berlian biru jenis Oval Fancy Vivid paling besar yang pernah terjual di lelang seperti dikutip dalam laman CNN Minggu 10 April 2016.

Angka penjualan fantastis dari berlian berjuluk De Beers Millennium Jewel 4 itu telah memecahkan rekor berlian yang paling mahal dijual di Asia. Dan berikut ini adalah lima fakta tentang De Beers Millennium Jewel 4 yang mungkin belum diketahui banyak orang.

1. Pernah hampir menjadi bagian dari pencurian berlian terbesar dalam sejarah

Batu berlian ini pertama kali diperkenalkan di London pada tahun 2000 sebagai bagian dari pameran Millenium Jewels. Hal itu menarik perhatian pencuri berlian lokal. Dan terbukti, sebuah percobaan pencurian terjadi, namun berhasil digagalkan oleh Polisi Metropolitan. Seandainya pencurian itu berhasil, pelakunya akan mendapat uang US$ 300 juta dalam bentuk berlian dan akan menjadi pencurian berlian terbesar dalam sejarah.

"Percobaan pencurian itu dilakukan sangat profesional," kata ahli berlian Tobias Kormind. "Para pencuri tahu bagaimana melemahkan keamanan kaca pelindung dan mereka punya jalan kabur di sepanjang sungai. Para pelaku kemungkinan akan lolos dengan berlian jika Polisi Metropolitan tidak diberi informasi berharga tentang rencana tersebut."

2. Berlian biru menjadi incaran di industri batu mulia

Pada November tahun lalu, berlian mewah berwarna biru terang berkadar 12,03 karat bernama Blue Moon terjual hingga US$ 48,4 juta, sehingga menjadi berlian yang paling mahal yang yang pernah dijual di lelang.

Menurut Kormind, penjualan memecahkan rekor ini telah meningkatkan minat para kolektor batu untuk berburu berlian warna biru terang di pasar lelang dari sebelumnya.

Sebuah berlian milik aktris Shirley Temple akan dilelang pada akhir bulan ini. Berlian bernama Oppenheimer Blue itu memiliki kadar 14,62 karat yang akan menjadi berlian jenis Vivid Blue yang terbesar pernah muncul di lelang.

"Sebagian besar batu-batu mulia ini dijual melalui pasar khusus dan sebelumnya hanya sebagian kecil yang muncul di lelang," kata Kormind.

3. Berlian mahal karena warnanya

Berlian dengan warna-warna mewah sudah jarang, tetapi beberapa warna akan berharga lebih mahal daripada yang lain.

"Berlian merah adalah berlian paling langka karena hanya ada sekitar 100 yang tercatat di dunia. Sementara berlian biru di tempat kedua sebagai yang paling mahal," jelas Kormind.

"Berlian kuning juga bernilai tinggi, tetapi beberapa tahun yang lalu, beberapa tambang berlian kuning ditemukan dan nilai kelangkaannya berkurang. Sementara berlian coklat dan abu-abu adalah yang paling umum, dan karena itu tidak terlalu berharga."

4. Juru lelang sangat hati-hati saat menawarkan berlian

Nilai berlian dapat meningkat atau menurun tergantung pada perawatan dan penerimaan selama lelang. Sebuah berlian yang 'terlalu dikenal', kata Kormind, akan rusak reputasinya dan menimbulkan stigma bahwa berlian itu sudah tidak diinginkan.

"Sebuah keputusasaan untuk menjual berlian akan mengurangi nilainya. Jika terlalu memaksa untuk menjual dan ternyata masih belum diterima dengan baik, kita sebut ini 'membakar berlian'. Orang mulai bertanya-tanya, 'Apa yang salah dengan berlian itu?' dan 'Mengapa belum terjual?'."

5. 'Terang' dan 'Mewah' adalah yang dicari

De Beers Millennium Jewel 4 digambarkan sebagai berlian biru jenis 'Fancy Vivid', tetapi embel-embel fancy (mewah) dan vivid (terang) lebih dari sekadar hanya kata sifat - terminologi tersebut digunakan sebagai bagian dari sistem penilaian warna yang diinginkan para ahli berlian tentang nilai luar biasa dari berlian.

"Itu memungkinkan kami untuk membedakan nilai satu berlian biru dari yang lain," kata Kormind. "Kisarannya meluas dari biru terang, biru terang mewah, hingga biru mewah intens dan sebagainya. Berlian jenis Fancy Vivid sangat khusus, karena menggambarkan tingkat warna berlian yang paling tinggi dari berlian biru tersebut."

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section