1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Ini Tips Investasi untuk Lajang Bergaji di Bawah Rp3 Juta

Investasi bukanlah soal punya gaji berapa.

By Desy Afrianti 27 Januari 2016 08:02
Uang/Youtube.com/Bank Indonesia Channel

Money.id - Para lajang yang baru mulai bekerja, tentunya sekarang adalah saatnya menikmati penghasilan sendiri. Tetapi ingat, jangan habiskan semua gajimu.

Sisihkan sedikit uang untuk ditabung. Bahkan, kalau bisa, mulailah berpikir untuk investasi. Mau investasi tetapi masih bingung? Begini caranya.

Perencana keuangan dari Mitra Rencana Edukasi Sari Insaniwati, mengatakan investasi bukanlah soal punya gaji berapa, tetapi yang lebih utama adalah berapa uang yang bisa disisihkan per bulan. Kemudian tentukan apa tujuan kita berinvestasi.

"Bisa jadi punya gaji gede tetapi pengeluaran juga besar, bahkan bisa tekor. Kalau kita sudah bisa rutin menyisihkan sebagian pendapatan, misalkan 10 persen dari pendapatan, baru kita bisa masuk ke langkah selanjutnya yaitu menetapkan tujuan investasi," kata Sari kepada Money.id, Selasa 26 Januari 2016.

Mulailah memetakan prioritas, uang investasi tersebut akan digunakan untuk apa? Membeli kendaraan, biaya nikah, uang sekolah anak, atau buat pensiun nanti? Dengan tahu tujuan, kita bisa tahu jangka waktu investasinya.

"Kenapa perlu tahu jangka waktu? Karena enggak semua produk investasi cocok. Misalnya deposito cocok untuk jangka pendek (kurang dari 1 tahun), obligasi untuk jangka menengah (1-5 tahun), reksa dana dan saham cocok untuk jangka panjang (di atas 10 tahun)," ucap Sari.

Salah satu pilihan investasi yang cukup baik adalah reksa dana. Investasi ini cocok untuk Anda yang merencanakan menikah dalam lima tahun ke depan. (Baca: Untung Mana, Menabung di Bank atau Investasi Reksa Dana?)

Pilihannya bisa investasi di reksa dana pendapatan tetap yang portofolionya sebagian besar dalam bentuk obligasi. Reksa dana bisa dibeli dengan hanya modal minimal Rp100 ribu.

Sari mencontohkan, untuk yang memiliki gaji Rp3 juta bisa menyisihkan Rp300 ribu per bulan.

Pilihan lainnya untuk investasi bagi yang memiliki gaji di bawah Rp3 juta ialah membeli logam mulia (pilihan mulai dari 1 gram emas), main saham (pastikan sudah memahami cara kerjanya) atau berbisnis. (poy)

Laporan: Abdul Kharis

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section