1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Ini Tips untuk Percepat Proses Klaim Asuransi

Untuk mempercepat proses klaim asuransi dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti melengkapi dokumen persyaratan yang ada pada polis.

By Abdul Kharis 25 Mei 2016 08:15
Ilustrasi asuransi (vikingmergers.com)

Money.id - Banyak orang yang masih ragu dan berpikir panjang saat ingin mengikuti asuransi. Hal ini sering terjadi karena masyarakat enggan untuk menghadapi proses klaim asuransi yang memakan waktu cukup lama.

Untuk mempercepat proses klaim asuransi dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti melengkapi dokumen persyaratan yang ada pada polis.

Direktur BCA Life, Yannes Chandra memberikan tips untuk mempercepat proses klaim asuransi pada acara sosialisasi Asuransi Jiwa SiPeci di Jakarta, Selasa kemarin.

"Tips yang pertama, sewaktu klaim asuransi, nasabah harus memperhatikan dan mengerti kondisi polis yang akan diajukan klaimnya," tutur Yannes.

Tips selanjutnya, dia menuturkan, nasabah harus melihat syarat-syarat pengajuan klaim yang harus dilengkapi saat pengajuan klaim. Harus teliti, apakah klaim yang diajukan sama dengan polis asuransi yang diikuti.

"Tips terakhir, semua dokumen yang tercantum di dalam polis asuransi harus dilengkapi saat mengajukan klaim, seperti bukti dari rumah sakit dan keterangan dari dokter," ucapnya.

Menurut dia, hal itu sangat penting, karena apabila dokumen tidak lengkap akan membuat prosesnya agak telat dan lambat. Tapi kalau semua dokumen sudah dilengkapi, proses klaim asuransi akan berlangsung sangat cepat sekali.

Dia menambahkan, BCA Life sudah berkomitmen tentang pengajuan klaim akan selesai diproses maksimal tujuh hari. Asalkan semua dokumen lengkap dan memenuhi syarat, dalam waktu satu minggu semua dana akan diterima nasabah.

"Saat ini, asuransi tidak lama lagi dalam mengurus klaim, mungkin zaman dulu seperti itu. Tapi di era sekarang ini, asuransi harus berlomba dengan perusahaan asuransi lainnya untuk memberikan service terbaik kepada nasabahnya, termasuk dalam hal proses pengajuan klaim," ujarnya.

Yannes mengatakan, perusahaan asuransi sendiri apabila mau maju, harus membuat proses klaim itu berlangsung dengan cepat sehingga nasabah akan merasa puas.

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section