1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Belum Banyak yang Tahu, Ini 3 Resep Rahasia Simpan Uang

Setelah membuat gambaran yang jelas ke mana uang pergi dalam satu bulan, otomatis akan mengetahui masalah keuangan Anda.

By Abdul Kharis 22 Maret 2016 08:57
Uang (Pixabay)

Money.id - Anda pasti tertarik jika ada resep rahasia untuk menyimpan uang? Nah, ada beberapa resep rahasia yang dapat digunakan untuk menyimpan uang.

Mengutip dari financialplan.about.com, Senin, 21 Maret 2016, meski telah ada selama puluhan tahun tetapi belum banyak orang yang tahu. Ini dia, resep rahasia untuk menyimpan uang.

1. Buat penganggaran keuangan bukan anggaran keuangan

Resep rahasia pertama adalah Anda perlu membuat penganggaran keuangan. Itu diperlukan karena sebelum menyimpan uang, harus tahu ke mana dia akan pergi.

Setelah membuat penganggaran keuangan, Anda bisa memotong pengeluaran keuangan dan menemukan uang ekstra untuk disimpan. Tidak harus membuat pekerjaan rumah dengan menulis anggaran keuangan Anda.

Bahkan, banyak orang yang sukses menjalani hidup tanpa pelacakan uang yang dikeluarkan setiap harinya. Anda mungkin bisa mendapatkan dengan melakukan hal yang sama. Awalnya, Anda hanya harus duduk dan mencari tahu ke mana uang pergi.

Berapa banyak yang dihabiskan untuk perumahan, utilitas, bahan makanan, utang, dan hiburan? Setelah membuat gambaran yang jelas ke mana uang pergi dalam satu bulan, otomatis akan mengetahui masalah keuangan Anda.

Setelah menemukan masalah keuangan, Anda akan memiliki gagasan yang lebih baik tentang pengeluaran keuangan. Kemudian Anda dapat menggunakan uang itu untuk dimasukkan ke tabungan atau dana pensiun.

2. Buatlah rencana tabungan otomatis

Setelah mengidentifikasi pengeluaran keuangan, Anda memiliki beberapa uang cadangan untuk disisihkan ke tabungan atau dana pensiun.

Itu awal yang baik, tetapi ada resep rahasia selanjutnya untuk menyimpan uang, yaitu membuat rencana tabungan otomatis.

Anda harus membuat rencana tabungan otomatis untuk menabung di tabungan, bahkan sebelum memiliki kesempatan untuk digunakan.

Hal ini dapat dilakukan dengan benar melalui auto debit dari rekening bank Anda untuk dimasukkan ke dalam deposito. Dan seperti sihir, Anda bahkan merasa tidak kehilangan uang, namun tabungan mulai tumbuh dari waktu ke waktu.

3. Tidak "lebih besar pasak daripada tiang" sehingga tidak ada celah untuk utang

Jika Anda mendapatkan gaji Rp1 juta dan menghabiskan Rp1,1 juta, maka akan minus Rp100 ribu. Dari mana yang ekstra seratus ribu rupiah berasal?

Jika keadaan ini terjadi, kebanyakan publik meminjam uang, baik dari kartu kredit atau semacam pinjaman. Dan coba tebak? Uang yang dipinjam akan datang dengan bunga.

Ketika Anda mulai meminjam uang secara teratur bulan demi bulan, akan menyebabkan bunga yang besar. Hal inilah yang menyebabkan kebanyakan orang tidak mempunyai uang untuk disimpan.

Kuncinya, potonglah pengeluaran keuangan Anda atau buatlah pemasukan tambahan. Jangan pernah utang ke bank, apalagi rentenir. Kita akan membayar dengan jumlah yang jauh lebih banyak dibanding dengan yang dipinjam.

Nah, setelah mengikuti tiga resep rahasia di atas, Anda akan dapat menghemat uang dan membangun kekayaan. (poy)

Baca juga:

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section