1. HOME
  2. FINANCE
KARTU KREDIT

Ini Dia Keuntungan dan Kerugian Kartu Kredit 'Premium'

Pemegang kartu kredit premium biasanya mendapatkan limit di atas Rp100 juta per kartu

By Nur Chandra Laksana 19 Mei 2016 15:29
Ilustrasi Kartu Kredit (pexel.com)

Money.id - Dalam penggunaan kartu kredit memang memiliki aturan tersendiri antara satu bank dengan yang lainnya. Salah satunya adalah mengena batas atau limit sebuah kartu yang bisa dipakai. Biasanya, limit dari kartu sendiri ditentukan oleh tingkatan dari sebuah kartu yang diterbitkan oleh sebuah bank.

Biasanya, tingkatan kartu kredit dimulai dari jenjang basic atau everyday card yang memiliki limit d ibawah Rp10 juta per kartu. Setelah itu, ada beberapa tingkatan lainnya yang menawarkan limit yang lebih tingi dari sebuah kartu basic.

Namun ternyata, dalam kasta tertinggi kartu kredit, Anda bisa mendapatkan sebuah kartu yang memiliki fitur 'premium'. Salah satu contohnya adalah kartu memiliki limit di atas Rp100 juta per kartu, bahkan Anda bisa mendapatkan sebuah kartu yang memiliki limit lebih dari Rp1 miliar.

Tetapi untuk pengajuan kartu tersebut, ada beberapa syarat yang dipenuhi oleh calon pengaju kartu. Salah satu contohnya adalah batas minimum pendapatan dari calon pengaju yang bernilai Rp100 juta hingga Rp200 juta per tahun.

Selain itu, biaya tahunan yang diberikan oleh penerbit kartu kredit juga beragam. Biasanya penerbit kartu membebankan biaya tahunan di angka Rp800 ribu hingga Rp3,5 juta per tahun.

Akan tetapi, pemegang kartu 'premium' ini bisa mendapatkan keuntungan-keuntungan tersendiri. Para penerbit kartu menawarkan fitur istimewa seperti potongan harga saat melakukan makan malam romantis di restoran pilihan serta memberikan cicilan 0 persen tanpa syarat hingga 12 bulan bagi pemakainya.

Ditambah lagi, para pemegang kartu ini bisa menggunakan kartu mereka di outlet internasional tanpa terkena baiaya tambahan apapun. Tak ketinggalan, para penerbit kartu juga memberikan asuransi khusus kepada pemegan kartu tipe 'premium' tersebut.

Nah, kira-kira itulah kelebihan dan kekurangan dari sebuah kartu 'premium' yang dikeluarkan oleh pihak bank. Apakah Anda tertarik untuk mengajukan kartu tersebut?

 

Baca Juga :

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section