1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KERJA

CV Bagus Tapi Tak Kunjung Dapat Panggilan Kerja? Ini Masalahnya

Ada hal-hal yang mungkin salah, tapi tak pernah Anda sadari.

By Adhi 2 Juni 2016 09:02
Ilustrasi (morganmckinley.co.uk)

Money.id - Anda mungkin tersenyum bangga saat menuliskan sejumlah keahlian, pengalaman, dan prestasi cemerlang yang telah Anda kumpulkan selama ini ke dalam CV.

Setelah dicek berulang kali, Anda pun merasa yakin bahwa apa yang ada di sana sudah cukup impresif.

Tapi sayang, entah kenapa Anda tidak pernah dihubungi dan dipanggil wawancara kerja? Mungkin tanpa sadar, Anda telah melakukan salah satu kesalahan berikut ini:

1.Tidak Relevan

Seberapa keren CV Anda, jika pengalaman dan pendidikan Anda tidak sesuai dengan posisi yang mereka butuhkan, CV Anda akan dipinggirkan. Cermati dulu deskripsi pekerjaan untuk posisi yang Anda lamar. Terkadang, Anda hanya perlu mengubah sedikit susunan kalimat untuk menonjolkan keahlian yang dicari perusahaan.

2. Tidak Mendetail

Anda hanya mencantumkan keahlian Anda dan pengalaman dalam bentuk daftar tanpa keterangan tambahan. Berikan penjelasan ekstra mengenai keahlian dan pengalaman Anda serta bagaimana mereka membantu pekerjaan Anda sebelumnya: baik saat Anda membantu dalam proses set up, membantu meningkatkan profit perusahaan, dan lain-lain.

3. Ketahuan 'Memperindah' CV

Memoles CV boleh saja, tapi jangan coba-coba berbohong. Jangan sekali-kali merombak informasi dalam CV hanya untuk membuat recruiter terkesan, baik itu nilai IPK Anda, jabatan Anda, periode kerja Anda, atau yang lainnya. Beberapa recruiter akan mengecek informasi yang Anda sertakan melalui telepon ke instansi yang berkaitan atau menanyakan langsung saat wawancara. Jika ternyata tidak sesuai dengan kenyataan, CV Anda pun akan masuk tempat sampah.

Selengkapnya, simak di tautan berikut ini.

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section