1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Sebelum Usia 30 Tahun Lunasilah Semua Utang, jika Tidak...

Banyak yang harus dilakukan sebelum mencapai usia 30 tahun, seperti bebaskanlah diri dari utang atau melunasinya.

By Abdul Kharis 20 Mei 2016 13:45
Ilustrasi orang yang masih terjerat utang pada usia 30an (dailyfiinance.com)

Money.id - Usia 30 adalah tahap awal kehidupan serius untuk keuangan Anda. Sebelum mencapainya banyak yang harus dilakukan agar tidak terlilit masalah keuangan.

Banyak tanggung jawab keuangan yang akan dihadapi pada usia 30-an. Keputusan keuangan yang diambil pada usia tersebut akan sangat mempengaruhi finansial Anda untuk ke depannya.

Oleh sebab itu, banyak yang harus dilakukan sebelum mencapai usia 30 tahun, seperti bebaskanlah diri dari utang atau melunasinya.

Mengutip dari businesstoday.in, Jumat, 20 Mei 2016, utang itu mengorbankan masa depan Anda dan membuat hari-hari dilalui dengan tidak nyaman.

Sebelum mencapai umur 30 tahun Anda harus melunasi semua utang yang dimiliki, apabila tidak sanggup untuk melunasinya cobalah untuk menguranginya.

Untuk mengurangi utang, cobalah dengan lebih selektif ketika melakukan pengeluaran keuangan. Prioritaskanlah hal-hal yang bersifat produktif seperti membeli rumah atau tanah.

Jangan melakukan hal yang konsumtif seperti membeli gadget mahal hanya untuk bergaya, sehingga membuat Anda harus mengutang karena kehabisan uang di kemudian hari.

Setelah melunasi semua utang sebelum berusia 30 tahun, Anda akan merasa lebih tenang dalam mengatur keuangan. Selain itu, Anda dapat menyiapkan modal untuk membuka usaha atau berinvestasi.

Selain hal tersebut, banyak hal yang harus dilakukan sebelum berusia 30 tahun seperti menabung untuk membeli rumah, siapkan dana pensiun, mulai buat anggaran keuangan, dan siapkanlah asuransi jiwa. (poy)

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section