1. HOME
  2. FINANCE
CEK AJA

Catat! Ini Untungnya Kuliah Sambil Kerja

Selain berguna bagi karier Anda ke depannya, kuliah sambil kerja juga membuat Anda lebih mandiri. Setuju?

By Dwifantya Aquina 10 Februari 2017 09:05
Ilustrasi kuliah sambil kerja (theodysseyonline.com)

Money.id - Bagi Anda yang masih kuliah, ada baiknya untuk mengisi waktu luang dengan bekerja. Meskipun akan menguras tenaga dan membuat Anda semakin sibuk, kuliah sambil bekerja memiliki banyak manfaat positif. Menariknya lagi, sekian keuntungan tersebut akan berguna bagi masa depan karier Anda.

Apa saja keuntungan yang Anda peroleh? Berikut ini ulasan yang dikutip dari CekAja.com.

Bisa membiayai kuliah sendiri

Biaya pendidikan di Indonesia semakin lama semakin mahal, tak terkecuali biaya kuliah. Nah, bila Anda bekerja sambil kuliah anda tak perlu lagi menggantungkan diri pada orangtua.

Dengan penghasilan yang Anda peroleh, Anda bisa meringankan beban orangtua. Atau setidaknya, penghasilan yang Anda peroleh bisa digunakan untuk menambah kebutuhan kuliah seperti buku, komputer dan lain sebagainya. (Baca juga: 4 Cara Belanja Ini Sebenarnya Salah dan Merugikan)

Jadi punya nilai lebih

Bila Anda masih menempuh program sarjana strata satu, bekerja akan menambah nilai lebih. Hal ini akan bermanfaat bagi Anda ketika sudah lulus. Anda akan dengan mudahnya bersaing dengan sesama lulusan S1 yang belum memiliki pengalaman kerja.

Para pencari tenaga kerja pasti akan memilih Anda karena sudah memiliki pengalaman dan terbiasa dengan dunia kerja yang kompetitif. Anda pun akan dinilai sebagai pribadi yang lebih berkualitas karena mampu memanajemen waktu dengan baik.

Pandai mengatur waktu

Seperti sudah disebutkan di atas, orang yang kuliah sambil bekerja akan terbiasa dengan tekanan dan tuntutan waktu. Selama bertahun-tahun Anda terbiasa membagi waktu antara belajar, bekerja, mengerjakan tugas hingga kebutuhan lain sebagai seorang anak muda seperti berlibur dan berseng-senang. Jangan sepelekan keahlian satu ini karena kemampuan mengatur waktu merupakan keahlian yang diperlukan untuk sukses meniti karier di dunia profesional.

Menguasai teori lebih baik

Karena Anda sudah bekerja selagi kuliah, Anda dapat langsung mengaplikasikan keahlian dan pengetahuan yang diperoleh di bangku kuliah.  Oleh karenannya, pelajaran-pelajaran yang diberikan di kampus akan lebih mudah dipelajari dan dikuasai. Bagi mereka yang tidak bekerja selagi kuliah, kondisi ini tentu tidak dirasakan. Alhasil, nilai yang Anda peroleh saat kuliah juga bisa jauh lebih baik dibandingkan teman sesama mahasiswa. 

(Baca juga: Besarnya Hadiah yang Bikin Juara Kompetisi Tingkat Dunia Ini Kaya Mendadak)

 

Baca Juga

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section