1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Catat! Ini 8 Tips Agar Sukses Mengelola Keuangan

Anda harus memahami dan mengikuti beberapa tips dasar tentang membeli, menyimpan, investasi, pengeluaran bijaksana dan mengelola utang.

By Abdul Kharis 1 April 2016 19:05
Ilustrasi orang sedang mengelola keuangan (mscareerwoman)

Money.id - Mengelola keuangan telah menjadi sesuatu yang penting pada zaman sekarang. Ditambah lagi biaya barang-barang seperti makanan, pendidikan, atau hiburan yang meningkat pesat.

Mengutip dari ehow.com, Jumat, 1 April 2016, jika Anda memahami dan mengikuti beberapa tips dasar tentang membeli, menyimpan, investasi, pengeluaran bijaksana dan mengelola utang, Anda akan lebih mudah mencapai kesuksesan dalam mengelola keuangan.

Berikut adalah delapan tips agar sukses mengelola keuangan.

1. Menabung untuk keadaan darurat tak terduga dan pensiun

Hal ini merupakan salah satu kunci penting untuk mencapai kesuksesan mengelola keuangan. Jika Anda memiliki anak-anak, mengajarkan mereka kebiasaan menabung sejak dini adalah cara baik mengajarkan pengelolaan keuangan kepada mereka.

2. Membeli sesuatu yang dibutuhkan bukan yang diinginkan

Iklan persuasif kadang-kadang menggoda untuk membeli item yang Anda mungkin tidak benar-benar membutuhkan. Pikirkanlah baik-baik sebelum membeli barang apapun, belilah yang Anda butuhkan. Hal ini akan membuat sukses pengelolaan uang Anda.

3. Mengevaluasi pengeluaran dan membuat anggaran keuangan

Mengendalikan dan memahami di mana menghabiskan uang adalah tugas penting. Menganalisis pengeluaran untuk satu atau dua bulan adalah cara untuk mengetahui kemana uang Anda pergi.

Selanjutnya Anda tinggal menghilangkan pengeluaran yang tidak diperlukan. Melakukan hal ini akan membuat tabungan Anda dapat menjadi substansial.

4. Melakukan investasi cerdas

Salah satu cara utama untuk sekses mengelola keuangan adalah dengan investasi cerdas. Jika masih muda dan tidak perlu menabung untuk pensiun, Anda dapat menginvestasikan sebagian uang dengan mengikuti investasi yang beresiko kecil seperti reksadana.

5. Mengelola utang dengan bijak

Masa depan keuangan Anda bisa menjadi kegagalan jika tidak hati-hati mengelola setiap utang. Jika Anda menggunakan kartu kredit, gunakanlah dengan bijak dan lunasilah tagihan setiap bulan.

6. Mengatur Tagihan

Membayar tagihan tepat waktu adalah kebiasaan keuangan yang baik. Hal ini akan membantu, karena Anda tidak akan terkena denda tambahan bila terlambat membayar tagihan dan menganggu pengelolaan keuangan.

7. Melakukan pelaporan kredit setiap tahun

Skor kredit Anda mempengaruhi tingkat bunga dan biaya yang harus dibayarkan, periksalah skor kredit setiap tahun. Hal ini akan sangat membantu Anda saat melakukan pengelolaan keuangan.

8. Belajar tentang keuangan

Baca tentang keuangan pribadi di majalah dan buku yang direkomendasikan. Dapat juga dengan menghadiri seminar tentang mengelola keuangan. Belajar tentang keuangan akan menambah wawasan Anda untuk melakukan pengelolaan keuangan.

baca juga:

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section