1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Cara Mudah Agar Uang Anda Tidak Tergerus Inflasi

Banyak masyarakat awam mempunyai persepsi yang salah terhadap inflasi.

By Dwifantya Aquina 26 Desember 2016 10:03
Ilustrasi uang (Pixabay)

Money.id - Inflasi  menjadi momok bagi setiap pengusaha dan pekerja di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Sebab inflasi atau kenaikan harga barang, menyebabkan kenaikan biaya sehingga akan menggerus uang Anda.

Misalnya, dengan uang sebesar Rp8.000, tahun lalu Anda bisa membeli seliter beras, dengan inflasi sebesar 6%, tahun ini Anda harus menyediakan uang Rp8.480 untuk membeli seliter beras. Artinya uang tergerus nilainya sebesar 6% selama setahun terakhir.

Sementara banyak masyarakat awam mempunyai persepsi yang salah terhadap inflasi. Namun efeknya akan sangat nyata pada bagaimana Anda mengatur biaya untuk keperluan sehari-hari. Sehingga tidak melakukan antisipasi agar uang Anda tidak berkurang nilainya.

Anda mungkin tidak dapat menghentikan inflasi, namun Anda bisa membuat strategi untuk menyiasati agar uang berkembang lebih besar dari laju inflasi. Pahamilah bagaimana inflasi tersebut mempengaruhi daya beli Anda, dan mulailah membangun strategi efektif untuk dapat melindungi keungan Anda.

Berikut adalah beberapa cara mengatasi inflasi yang dapat Anda lakukan untuk mempersiapkan diri dari kenaikan harga yang disebabkan oleh inflasi, seperti dikutip dari Halomoney.co.id.

Berinvestasi

Investasi adalah salah satu cara terbaik untuk melindungi tabungan Anda dari efek inflasi. Dengan berani mengambil resiko dan menempatkan uang Anda dalam investasi di saham dan obligasi, keuangan pribadi Anda akan tumbuh lebih cepat dibandingkan Anda menaruh uang di rekening bank dalam bentuk tabungan dan deposito. Mulailah lebih memperhatikan berita dan tren keuangan sehingga Anda tidak tertipu dengan investasi yang tidak bertanggung jawab.

Jika Anda tidak bisa mengendalikan sendiri investasi Anda di saham dan obligasi, Anda bisa mempercayakannya ke manajer investasi dengan membeli reksadana. Pilihlah produk reksadana yang memberikan keuntungan tinggi, namun dikelola oleh manajer investasi yang kredibel dan berpengalaman.

Baca Juga: Inilah 4 Investasi Terbaik Selama 2016

Cicilan dengan Suku Bunga Tetap

Ketika inflasi tinggi datang, ini adalah musuh terbesar bagi Anda yang memiliki cicilan kredit. Sebab bank akan menaikkan bunga kredit sehingga cicilan Anda akan ikut naik. Sebab itu penting bagi Anda untuk memilih cicilan tetap agar tidak terkena imbas dari kenaikan inflasi.

Cicilan tetap ini bisa Anda dapatkan dari kredit tanpa agunan atau kredit dari bank syariah. Nilai cicilan Anda akan tetap hingga cicilan berakhir. Jika Anda telah memiliki cicilan di bank konvensional atau bank umum, untuk membeli rumah misalnya,  tidak ada salahnya Anda pertimbangkan untuk dipindahkan ke bank syariah untuk mengantisipasi inflasi.

Baca juga: Special Article: Inilah Kartu Kredit Terbaik untuk Wisata dan Belanja 2017

Hidup Hemat

Strategi melawan laju inflasi ialah meminimalkan pengeluaran Anda.  Jagalah pengeluran Anda dengan berbagai cara. Misalnya menggunakan angutan umum daripada menggunakan mobil pribadi untuk pergi ke kantor. Atau Anda menggunakan kartu kredit untuk mendapatkan diskon saat membeli BBM sehingga Anda bisa menghemat pengeluaran Anda untuk membeli BBM.

Baca juga: Kartu Kredit Pilihan untuk Mengatur Belanja BBM

Terbukalah dalam Pilihan

Seperti motto seorang pramuka, Anda harus selalu bersiap. Maksudnya, Anda selalu mempunyai rencana B ketika situasi memburuk. Aturlah anggaran pendapatan dan pengeluaran Anda dengan bijak agar keuangan keluarga Anda tetap stabil.

Jika anda terbuka dalam pilihan keuangan, Anda bersikap terbuka untuk mengubah pengelolaan keuangan. Misalnya mengubah gaya hidup demi menghemat pengeluaran dalam jangka waktu tertentu. Atau segera mengurangi aset Anda seperti menjual mobil untuk membayar utang kartu kredit.

Beberapa cara mengatasi inflasi di atas mudah diterapkan, namun mungkin sulit bagi sebagaian orang yang lain. Semua tergantung pada disiplin dan usaha keras Anda untuk mengatur uang Anda. Selalu mengukur keuangan Anda dan lakukan penghematan dengan membaca tips keuangan di situs Halomoney.co.id. Terus maju dan lindungi keuangan Anda kini dan sekarang.

Untuk mendapatkan tips keuangan secara lengkap, kunjungi blog HaloMoney untuk mendapatkan semua tips tentang berhemat uang.

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section