1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Cara Jitu Menabung dan Berhemat untuk Pernikahanmu

Jika kamu mengikuti langkah ini, meski penghasilanmu tidak terlalu tinggi, kamu akan bisa memenuhi kebutuhan pernikahan.

By Dwifantya Aquina 9 Januari 2017 15:03
Pesta pernikahan (weddingku.com)

Money.id - Melangsungkan pernikahan menjadi keinginan hampir semua orang. Namun kebanyakan orang menemui kesulitan dalam menyediakan dana menikah. Sebab penghasilannya selalu habis, sementara biaya pernikahan tidak pernah turun, malah selalu naik.

Salah satu cara yang mau tidak mau harus dilakukan ialah menabung. Cara ini perlu dilakukan secara rutin setiap kamu mendapatkan penghasilan demi memenuhi kebutuhan di hari bahagiamu. Kamu dan pasanganmu harus mau untuk mengencangkan ikat pinggang selama beberapa waktu agar kamu bisa menabung!

Berikut ini kiat menabung dari HaloMoney.co.id dan cara menghemat untuk kebutuhan pernikahanmu. Jika kamu mengikuti langkah ini, meski penghasilanmu tidak terlalu tinggi, kamu akan bisa memenuhi kebutuhan pernikahan. Check this out!

1. Menabung melalui tabungan berjangka

Agar rencana tabunganmu terwujud, kamu bisa manfaatkan fasilitas tabungan berjangka atau Taka di berbagai bank. Dengan menabung melalui Taka, kamu akan lebih berdisiplin dan memiliki target pengumpulan dana yang jelas. Sebab uang tabunganmu tidak bisa dicairkan sewaktu-sewaktu hingga jangka waktu tabunganmu selesai. Ini bisa mencegah kamu untuk mencairkan tabungan.

Selain itu, dana tabungan itu akan didebet secara otomatis oleh bank. Keuntungannya, dana yang terkumpul tidak terkena biaya administrasi yang mahal, dan sebaliknya diberikan bunga tabungan yang hampir setara deposito.

Baca: Cara Mudah Apply Kartu Kredit secara Online

2. Menabung dalam jumlah yang tepat

Sisihkan gaji kamu dan pasanganmu dalam jumlah yang tepat! Sebagai contoh, kamu dan pasangan bisa menyisihkan 30% dari gaji untuk persiapan pernikahanmu! Meski hanya 30% dari gaji, jika dilakukan bersama pasangan, nilainya akan cukup besar.

Kalau kamu dan pasanganmu masing-masing bergaji Rp 3 juta, simak ilustrasi berikut untuk mengumpulkan tabungan nikah:

Tabungan dari gaji kamu: 30% x 3 juta = Rp 900.000,-
Tabungan dari pasanganmu: 30% x 3 juta = Rp 900.000,-
Tabungan perbulan: Rp 1.800.000,-
Tabungan selama 1 tahun: 12 x 1,8 juta = Rp 21.600.000,-
Tabungan selama 2 tahun: 24 x 1.8 juta = Rp 43.200.000,-

Baca: Cara Cepat Menambah Penghasilan Tanpa Korupsi

3. Sederhana tapi Berkesan

Sebuah pernikahan yang sempurna memiliki arti yang berbeda dengan sebuah pernikahan mewah dan megah. Buatlah pernikahan kamu dengan sederhana dan lupakan acara resepsi di gedung yang besar dengan harga sewa selangit. Kamu bisa adakan resepsi di taman atau di rumah dengan hanya mengundang orang terdekat, pastinya pernikahan kamu akan sangat berkesan dan istimewa!

Beberapa kiat menekan penghematan antara lain:
a. Menyewa baju pengantin dan seragam. Cara ini jauh lebih hemat daripada kamu membeli baju pengantin dan seragam bagi keluarga.

b. Sederhanakan foto Pre-weddingmu
Lupakan kegiatan foto pre-wedding a la selebritis di luar negeri. Foto pre-wedding kamu akan lebih berkesan kalau kamu bisa menceritakan perjalanan cinta kalian di dalamnya dalam berbagai bentuk. Misalnya memasang lagi foto lama kalian berdua.

c. Manfaatkan keahlian teman
Tentunya kamu punya banyak kenalan yang bisa kamu maksimalkan dalam menyiapkan pernikahanmu, mintalah teman desainer grafismu untuk membuatkan desain undangan. Kemudian cari kenalan yang memiliki usaha percetakan, tentunya kamu akan mendapatkan harga spesial darinya! Selain itu kamu juga bisa meminta temanmu yang punya hobi bermusik untuk mengisi acaramu! Juga meminta bantuan temanmu yang hobi fotografi untuk mengabadikan momen bahagiamu. Dengan cara seperti ini kamu akan menerima harga khusus yang jauh lebih miring daripada kamu memakai jasa profesional.

Baca juga: Special Article, Kartu Kredit Terbaik 2017 untuk Wisata dan Belanja

d. Atur pernikahanmu sendiri
Sepertinya, biaya jasa wedding organizer saat ini cenderung mahal. Coba pertimbangkan untuk mengajak sahabat dan keluarga dekat untuk membantumu mengatur jalannya pernikahanmu. Selain bisa menekan biaya, tentunya kedekatan dan persahabatan dengan sahabat dan keluarga akan semakin erat!

e. Hemat bujet katering
Rajin-rajinlah melakukan ritual test food. Sebab untuk menemukan selera masakan yang tepat untuk ratusan orang bukanlah hal yang mudah. Tapi, untuk menekan pengeluaran kamu, pilihlah paket harga yang sesuai dengan budget kamu. Kamu juga bisa manfaatkan penjual makanan atau jajanan favoritmu sebagai konsumsi spesial di acara pernikahan!

Selamat menabung untuk menyiapkan hari bahagiamu. Gunakan terus situs Halomoney.co.id untuk mendapatkan informasi seputar personal finance, melakukan perbandingan kartu kredit dan kredit tanpa agunan dari berbagai bank, dan mengirim aplikasi kredit. We compare, you save.

(da)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section