1. HOME
  2. FINANCE
BTN

BTN: Rasio Nilai Kredit Longgar, Uang Muka Rumah Semakin Ringan

Relaksasi LTV pada akhirnya akan menjadi mata rantai bagi bergeraknya bisnis pembangunan perumahan.

By Abdul Kharis 9 Juni 2016 09:01
Ilustrasi pembangunan rumah (Dwi Narwoko/Money.id)

Money.id - Bank BTN menyambut kebijakan Bank Indonesia yang akan melakukan relaksasi loan to value atau LTV untuk bisnis pembiayaaan properti. Untuk diketahui, LTV adalah rasio nilai kredit yang dapat diberikan bank terhadap nilai agunan di saat awal pemberian kredit dan membuat harga uang muka rumah semakin murah.

"Pelonggaran LTV akan menyebabkan pembayaran uang muka properti akan semakin murah. LTV juga sangat bermanfaat dalam mengurangi harga properti," ucap Direktur Utama Bank BTN, Maryono, Rabu, 8 Juni 2016.

Selain itu, kebijakan ini juga akan menggerakkan pembangunan perumahan oleh pengembang karena permintaan masyarakat akan rumah tumbuh.

Menurut Maryono, relaksasi LTV pada akhirnya akan menjadi mata rantai bagi bergeraknya bisnis pembangunan perumahan. Bank Indonesia berencana untuk kembali menerbitkan kebijakan LTV pada kuartal III 2016.

Penerbitan kebijakan tersebut dilakukan lantaran kondisi pasar properti belum memperlihatkan perbaikan hingga saat ini.

"Dengan relaksasi LTV pengembang properti juga akan membangun rumah dengan cepat karena permintaan rumah tumbuh dan kredit perbankan tumbuh yang berdampak pada percepatan program pemerintah dalam program sejuta rumah," ucap Maryono. (poy)

Baca Juga

(da/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section