1. HOME
  2. FINANCE
ORANG TERKAYA

Berkat Indonesia, Peselancar Ini Jadi Miliarder

Ide bisnis dan inspirasi membuat GoPro datang ketika Nicholas sedang berwisata di Bali.

By Dwifantya Aquina 16 Februari 2017 08:34
Ilustrasi Peselancar (Pixabay)

Money.id - Seorang peselancar asal Amerika Serikat, bernama Nicholas Woodman sepertinya harus berterima kasih pada Indonesia.

Sebab, peselancar yang tinggal di sebuah perumahan di daerah elit terkenal, Silicon Valley, California tersebut berhasil menjadi miliarder karena inspirasi yang dia dapatkan saat berwisata di Indonesia.

Dikutip dari CekAja, Nicholas Woodman tidak lain adalah pencipta merek Action Camera terkenal GoPro. Usut punya usut, ternyata Pria yang lahir tahun 1975 silam tersebut memiliki ide bisnis dan inspirasi membuat GoPro ketika dirinya sedang berwisata di Bali!

Hobi + Traveling = Ide Cemerlang

Woodman yang memiliki hobi berselancar dan suka traveling ini memutuskan liburan ke Australia dan Bali selama 5 bulan penuh. Dirinya yang suka mengabadikan momen-momen berharga pun berpikir bagaimana caranya mengabadikan momen ketika sedang berselancar, karena itu Woodman mengikatkan kamera Kodak di lengannya saat berselancar di Bali.

Namun, kamera tersebut kerap kali lepas dan malah menghantam wajahnya. Kejadian ini malah memunculkan ide yang brilian di kepalanya, Woodman pun bertekad untuk membuat sebuah kamera tangguh yang bisa digunakan saat berselancar atau berenang sekalipun.

Kembali ke Amerika Serikat, dia membawa banyak souvenir dari bali dengan harga sektiar US$1,9 per buah dan dijual kembali dengan harga US$60 di Amerika Serikat. Woodman berhasil mengumpulkan keuntungan besar dari situ dan meminjam uang senilai US$35 ribu dari sang ibu sebagai modal membuat kamera GoPro.

Dengan modal tersebut, Woodman akhirnya berhasil mengembangkan kamera GoPro dalam waktu dua tahun.

“Aku sangat takut kalau aku akan gagal lagi sehingga aku sangat berkomitmen untuk sukses,” kata dia dalam wawancara dengan majalah Forbes. Woodman memasarkan produk pertamanya di September 2004.

Sukses besar dan jadi miliarder

Ternyata, ide briliannya ini berhasil direspon dengan baik oleh masyarakat di seluruh dunia dan kalangan. Di tahun pertamanya saja, GoPro berhasil meraih penjualan mencapai US$350 ribu, lalu tahun 2012 GoPro sukses menjual sebanyak 2,3 juta kamera. Karena itulah, Foxcon membeli saham dari GoPro sebesar US$200 juta.

Bahkan di tahun 2014, saham GoPro akhirnya melantai di bursa saham Amerika Serikat dengan valuasi mencapai US$2,95 miliar. Di masa kejayaanya, Woodman yang memiliki saham GoPro sebesar 45% telah berhasil mencatatk kekayaan pribadi mencapai US$1,3 miliar. (Baca juga: Orang-orang Ini Berhasil menjadi Kaya Karena Menulis)

Ambisi dan passion itu penting

Bagi Woodman, salah satu kunci kesuksesannya dalam hidup selain mengikuti passion adalah ambisi. Dirinya beranggapan, ambisi dan passion merupakan roket yang siap mengantarkan seseorang meraih kesuksesan.

“Sesuatu akan terjadi saat anda mengejar passion, tetapi Passion saja tidak cukup, ambisi juga penting,” ujarnya seperti dilansir dari Yahoo.

 

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section