1. HOME
  2. FINANCE
CEK AJA

Begini Cara Jitu Menggaet Investor Bisnis

Meski peluang mendapatkan investor semakin besar, untuk dapat merebut hati investor tidak mudah.

By Dwifantya Aquina 18 Februari 2017 09:14
Menggaet investor bisnis memang gampang-gampang susah (popsugar.com)

Money.id - Selain mengajukan pinjaman modal melalui bank, pelaku bisnis juga bisa menggandeng investor untuk mendanai bisnisnya. Bahkan, banyak perusahaan permodalan maupun investor perorangan yang sengaja berburu start up potensial yang bisa diakuisisi.

Meski peluang mendapatkan investor semakin besar, untuk dapat merebut hati investor tidak mudah. Anda butuh persiapan yang matang. Berikut ini langkah yang harus Anda lakukan untuk merebut hati investor seperti dikutip CekAja.com.

Menyiapkan rencana bisnis

Agar Anda siap saat bertemu investor, sebaiknya susun rencana bisnis Anda. Siapkan dalam bentuk yang menarik, simpel namun jelas. Dalam rencana bisnis tersebut, paparkan ide dan rencana aksi Anda secara detail dalam beberapa tahun ke depan.

Sebutkan keunggulan ide Anda termasuk berapa biaya yang dibutuhkan agar sekian rencana bisnis dapat berjalan sesuai rencana. Bisa disebut, rencana bisnis yang baik akan sangat berpengaruh pada kemungkinan Anda mendapatkan permodalan. (Baca juga: Ternyata Posisi Tidur Bisa Berpengaruh pada Kesehatan Anda)

Menampilkan hasil penelitian

Agar ide serta solusi dari bisnis yang Anda sampaikan dapat diterima oleh para investor, jangan lupa untuk membuat penelitian. Contohnya penelitian mengenai seberapa besar produk Anda akan dapat diterima pasar. Data-data dari hasil penelitian yang Anda buat dapat membantu meyakinkan investor untuk menanamkan modalnya pada bisnis yang sedang Anda bangun

Menyiapkan tim terbaik

Setelah mempelajari ide bisnis dan peluangnya, investor biasanya akan melihat tim yang Anda miliki. Banyak investor berpikir, tim sama penting dengan ide bisnsi itu sendiri. Tim yang tidak punya kapabilitas dan kredibilitas tentu akan sulit mewujdukan rencana bisnis, sebaik apapun ide tersebut.

Oleh karena itu, siapkan tim yang terbaik. Untuk memilih tim, kesampingkan faktor-faktor non profesional seperti kedekatan keluarga pertemanan. Anda harus mengedepankan faktor profesional seperti keahlian dan pengalaman.

Mengikuti kompetisi startup

Saat ini terdapat banyak kompetisi pencarian start up potensial. Biasanya, kompetisi ini digelar oleh pemerintah atau asosiasi permodalan. Nah, Anda bisa memanfaatkan menjamurnya kompetisi semacam ini untuk mencari investor. Tidak usah menargetkan diri untuk menang di kompetisi ini.

Minimal, Anda bisa bertemu dengan banyak calon investor dan memperluas jaringan bisnis Anda. Bila Anda berhasil menjadi pemenang kompetisi, anggap saja hal tersebut sebagai bonus. (Baca juga: Orang-orang Ini Berhasil Menjadi Kaya Karena Menulis)

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section