1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Baru Gajian? Ini Tips Kelola Gaji Bulanan Anda dengan Cermat

Sering kali gaji bulanan Anda mungkin sudah habis sebelum waktunya, padahal banyak kebutuhan bulanan yang harus dipenuhi.

By Dian Rosalina 28 Oktober 2016 15:15
Ilustrasi Gajian (dailyfinance)

Money.id - Waktu mendapat gaji adalah saat-saat yang paling ditunggu oleh semua karyawan. Namun sering kali gaji bulanan Anda mungkin sudah habis sebelum waktunya, padahal banyak kebutuhan yang harus dipenuhi.

Ada banyak cara sederhana mengelola gaji bulanan dengan cermat. Mulai dari membuat anggaran bulanan, mengendalikan diri untuk tidak terbuai dengan diskon mal, sampai membuat rekening khusus untuk menabung. Nah, jika Anda masih tak bisa mengaturnya juga, ada baiknya Anda simak tips berikut ini yang dikutip dari Atur Duit, Jumat 28 Oktober 2016.

Membuat anggaran

Rasanya saran ini sudah sering kali Anda baca di artikel manapun, atau Anda dengar dari orang-orang terdekat. Namun, masih saja belum dilakukan hingga kini. Itu kesalahan Anda! Padahal membuat anggaran bulanan hanya memakan waktu kurang dari 10 menit.

Dengan menentukan serta membuat sendiri anggaran bulanan, niscaya Anda tidak akan mengalami besar pasak daripada tiang. Dalam anggaran bulanan, Anda perlu menulis pemasukan serta pengeluaran setiap bulan.

Catatlah semua pengeluaran penting terlebih dahulu seperti membayar tagihan/cicilan, bayar listrik, belanja kebutuhan bulanan, uang transportasi, uang makan, tabungan, dan kebutuhan penting lainnya.

Hentikan gaya hidup konsumtif

Di mal manapun khususnya di Jakarta sering sekali mengadakan diskon mendekati payday atau hari gajian. Hal tersebut tentu dimanfaatkan oleh beberapa mal karena mereka mengerti gaya hidup warga Jakarta sebagian besar konsumtif.

Jadi mulai sekarang, hentikan gaya hidup ini. Setiap baru memperoleh gaji, jangan langsung merasa kaya lantas menghamburkannya sesuka hati. Tanamkan terus dalam pikiran Anda bahwa masih banyak kebutuhan pokok yang harus dipenuhi selama sebulan.

Dan lebih baik selama masa penghematan, hindari mengunjungi pusat perbelanjaan yang menggelar pesta diskon. Atau buat skema belanja, misalnya, bulan ini menetapkan anggaran Rp500 ribu untuk membeli sepatu atau tas, bulan depan beri anggaran Rp300 ribu untuk makan di restoran dan kafe atau lainnya.

Jika ingin mengetahui lebih lanjut bagaimana cara mengelola gaji bulanan Anda secara cermat, klik link berikut ini. (poy)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section