1. HOME
  2. FINANCE
KARTU KREDIT

Awas Bangkrut! Jangan Pakai Kartu Kredit untuk Keperluan Ini

Setelah asyik menggesek kartu kredit untuk beberapa keperluan berikut, bulan depan kepala Anda bakalan pusing lihat tagihannya.

By Dwifantya Aquina 10 Mei 2016 11:09
Ilustrasi kartu kredit (Pixabay)

Money.id - Anda selalu kewalahan membayar tagihan kartu kredit setiap bulan. Kesulitan menabung karena pengeluaran Anda habis untuk membayar tagihan kartu kredit. Berarti Anda belum tahu, keperluan apa yang tidak harus mengambil cicilan kartu kredit. Solusinya, baca artikel ini.

Kartu kredit saat ini memang sudah bukan hal yang asing. Justru saat ini kartu kredit sudah menjadi ciri khas gaya hidup masyarakat zaman sekarang. Hal ini tampak dengan indikasi pertumbuhan ekonomi yang semakin naik. Menggunakan kartu kredit, sama dengan berutang dengan bank. Karena itu, Anda wajib tahu juga cara hitung bunga kartu kredit Anda.

Jangan sampai Anda memiliki kartu kredit karena hanya terbuai oleh janji-janji diskon. Bisa jadi, bukannya semakin makmur, malah kehidupan makin kacau karena terlalu banyak cicilan ini-itu. Padahal, ada beberapa keperluan yang tidak harus Anda cicil dengan kartu kredit. Apa saja?

Berikut beberapa keperluan yang 'haram' dicicil dengan kartu kredit seperti dikutip CekAja.com.

Tarik Tunai

Jika Anda membutuhkan uang tunai, tariklah dengan kartu debit Anda. Mengapa tidak pakai kartu kredit saja? Toh, kartu kredit memiliki fungsi tarik tunai dan bisa dilakukan di ATM-ATM terdekat, kan?

Tunggu! Tahukah Anda bahwa melakukan tarik tunai akan dikenakan biaya? Biaya tarik tunai ini tidak murah, bisa sebesar 4% dari total tarikan tunai Anda atau minimal Rp50.000,00. Karena itu, Anda wajib tahu berbagai biaya yang ada dalam kartu kredit Anda. Bayangkan jika Anda rajin tarik tunai di ATM tiap beberapa hari sekali! Bisa jadi biaya tarik tunai Anda malah lebih besar dari tarikan tunai itu sendiri.

(Baca: 10 Biaya Kartu Kredit yang Wajib Anda Kenali)

Jalan-jalan

Bukan rahasia lagi kalau di zaman yang semakin maju, kesibukan juga menjadi semakin padat. Belum ditambah depresi karena tumpukan pekerjaan yang menggunung dan total waktu yang Anda habiskan hanya untuk bermacet-macet ke kantor. Rasanya kepala Anda ingin meledak, ingin melarikan diri jauh-jauh. Godaan untuk berjalan-jalan ke luar negeri pun sangat mungkin tidak akan Anda lewatkan jika waktu memungkinkan.

Eh, tunggu dulu! Jangan buru-buru gesekkan kartu kredit Anda di biro travel! Jalan-jalan ke luar negeri bisa jadi akan mengobati stres Anda secara sementara, namun bisa jadi bulan depan nanti kepala Anda semakin sakit karena cicilan yang harus Anda bayarkan. Nah, lho! (Baca: Mau Tahu Cara Hitung Bunga Kartu Kredit Anda)

Jalan-jalan bukan hanya masalah biaya perjalanan saja namun juga biasa akomodasi saat di sana. Ini masih bisa ditambah dengan biaya yang Anda keluarkan untuk membeli oleh-oleh. Ada baiknya rem dulu keinginan Anda untuk pergi jalan-jalan ke luar negeri. Habiskan akhir pekan Anda di tempat yang benar-benar baru dan tidak begitu jauh dari tempat tinggal Anda. Selain hemat, Anda juga masih tetap bisa menghilangkan lelah dan penat.

Makan

Jika Anda berpikir bahwa masalah makan dengan kartu kredit adalah hal remeh, maka penilaian Anda tidaklah tepat. Makan bisa dilakukan di mana saja, namun biaya makan dari satu tempat ke tempat lain jelas tidak sama.

Makan di warteg, misalnya, jelas lebih murah ketimbang Anda makan di restoran cepat saji. Makan di restoran cepat saji jelas lebih murah ketimbang makan di restoran bintang lima. Namun, restoran-restoran yang menerima pembayaran lewat kartu kredit bukanlah restoran sekelas warteg.

Mungkin Anda berpikir bahwa biaya ini kecil, apalagi jika ada diskon yang ditawarkan bersama penggunaan kartu kredit. Boleh-boleh saja Anda menggunakan kartu kredit ini untuk makan bila sebuah restoran menawarkan diskon yang cukup besar dan menguntungkan Anda. Catatannya, lakukan hanya sekali dua kali saja. (Baca juga: 5 Kegiatan Ini Lebih Menguntungkan Jika Pakai Kartu Kredit)

Sebab, jika dalam sebulan berkali-kali makan ini dan itu di restoran mahal dan tidak pernah lelah menggesekkan kartu kredit, maka berapa banyak tagihan yang Anda habiskan di akhir bulan? Bisa Anda bayangkan? Ada baiknya tidak menggunakan kartu kredit untuk makan demi kebaikan Anda sendiri.

 

Baca Juga

 

 

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section