1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KERJA

Tips Agar Tetap Produktif di Akhir Pekan

Tapi bekerja di rumah memang menyenangkan, namun tetap saja ada gangguan. Ini cara agar Anda tetap produktif walau kerja di rumah.

By Dian Rosalina 14 Mei 2016 15:05
Ilustrasi Bekerja di Rumah (workpolis)

Money.id - Sabtu seharusnya menjadi hari beristirahat setelah bekerja selama lima hari belakangan. Namun ada kalanya beberapa perusahaan mengharuskn karyawannya tetap bekerja.

Biasanya agar waktu libur juga lebih terpenuhi tapi tetap bekerja, ada karyawan yang memilih bekerja di rumah daripada membuang waktu untuk pergi ke kantor lagi.

Tapi bekerja di rumah memang menyenangkan, namun tetap saja ada gangguan. Dikutip dari Genius Beauty, Sabtu 14 Mei 2016, dalam banyak kasus, kerja dari jarak jauh berubah menjadi uji kemampuan bagaimana kerja di rumah bisa lebih produktif.

Berikut ini adalah cara bagaimana Anda bisa mengolah diri dan membuat tetap produktif meskipun kerja di rumah.

Disiplin

Masalah utama yang akan Anda hadapi ketika Anda mulai bekerja dari rumah adalah diri sendiri. Tidak perlu memaksakan diri untuk produktif, tapi cobalah untuk mendisiplinkan diri.

Karena ketika bekerja di rumah, tidak akan ada yang mengawasi Anda. Walaupun ada, orang tersebut tidak peduli dengan apa yang Anda lakukan.

Tak hanya itu, gangguan seperti acara televisi yang bagus, sofa yang nyaman, atau kantuk yang melanda, memungkinkan Anda akhirnya malas untuk bekerja. Jadi bagi Anda yang bekerja di rumah, diperlukan batas-batas yang Anda buat sendiri.

Buat Jadwal

Walaupun Anda sedang bekerja di rumah, jadwal juga penting untuk dibuat. Misalnya berapa lama Anda harus bekerja, dan berapa lama Anda istirahat, supaya Anda tidak terlalu memaksakan diri dalam bekerja.

Rehat sejenak dari pekeraan akan sangat membantu kesehatan mental Anda dan membuat Anda lebih rileks serta kembali bersemangat.

Konsentrasi

Ketika sedang bekerja, cobalah untuk tetap fokus dan konsentrasi terhadap pekerjaan Anda. Jangan sampai gangguan-gangguan seperti acara televisi akhir minggu membuat Anda lupa sedang bekerja.

Bila gangguan itu berasal dari ajakan teman-teman untuk keluar jalan-jalan, lebih baik matikan handphone Anda. Itu akan membatu menghilangkan gangguan eksternal. Tapi kalau handphone berhubungan dengan pekerjaan, cukup nyalakan mode diam.

Profesional

Di kantor mungkin Anda akan bertemu dengan teman-teman kantor yang juga bekerja, mereka bisa jadi pengingat. Tapi di rumah mungkin Anda bisa melakukan apa yang diinginkan namun itu akan melepaskan kontrol Anda.

Hal terpenting adalah menumbuhkan profesionalisme. Meskipun di rumah, Anda juga harus menyesuaikan ritme bekerja untuk memenuhi tugas.

Pekerjaan Rumah

Jangan hanya karena mempunyai pekerjaan di kantor, Anda jadi lupa harus mengerjakan pekerjaan rumah tangga yang menumpuk.

Ketika Anda bekerja sebaiknya kerjakan dibagian yang terjangkau dengan tempat Anda melakukan pekerjaan rumah tangga. Misalnya jika Anda harus memasak untuk keluarga, taruh laptop Anda di meja makan yang sekiranya dekat dari jangkauan Anda.

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section