1. HOME
    2. FINANCE
GAJI TERTINGGI

7 Hal Ini Bisa Bikin Penawaran Gaji Melambung Tinggi

Bukan cuma latar belakang pendidikan, ternyata ada banyak hal penting yang dicari sebuah perusahaan.

By Dwifantya Aquina 27 April 2016 15:26
Ilustrasi karyawan bergaji tinggi (shortlister.com)

Money.id - Persoalan nilai gaji seringkali mempengaruhi seseorang dalam mencari pekerjaan. Tentu saja selain mencari pengalaman dalam berkarier, seseorang ingin mendapatkan penghasilan yang bisa memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Tapi, apakah Anda tahu pertimbangan perusahaan dalam membayar gaji adalah berdasarkan pendidikan yang tepat dan pengalaman? Atau bahwa Anda mungkin bisa mendapatkan gaji lebih dengan melakukan pekerjaan yang sama di perusahaan yang lebih besar? Bahkan, ini bisa menjadi beberapa poin negosiasi terkuat berikutnya bagi kinerja Anda, termasuk ketika Anda melakukan wawancara kerja, atau permintaan untuk promosi.

Perusahaan biasanya menyesuaikan data pasar mereka ketika menentukan nominal gaji untuk membayar karyawan tertentu. Setelah mereka menentukan nilai posisi dengan meneliti data penghasilan untuk pekerjaan yang sebanding di perusahaan sejenis, mereka kemudian menyesuaikan data berdasarkan latar belakang dan pengalaman karyawan.

Lalu apa saja hal yang dapat meningkatkan gaji Anda? Berikut tujuh hal yang ternyata bisa meningkatkan posisi tawar Anda sebagai pegawai untuk mendapat kenaikan gaji, seperti dikutip dari laman Salary.com.

Pengalaman kerja

Biasanya, pegawai yang lebih banyak pengalaman akan dibayar lebih tinggi. Demikian pula, jika posisi yang ditawarkan untuk pegawai dengan pengalaman minimal 10 tahun dalam pekerjaan tertentu. Jika Anda tidak memenuhi persyaratan tersebut, Anda mungkin akan digaji di ujung bawah dari skala gaji yang diterapkan.

Tips Negosiasi: tekankan tahun pengalaman kerja Anda jika Anda memiliki sedikit lebih dari apa yang diminta, namun jika Anda memiliki terlalu banyak pengalaman, Anda mungkin overqualified.

Pendidikan

Persaingan jenjang pendidikan biasanya mempengaruhi gaji yang ditawarkan kepada Anda. Selain itu, kualitas pendidikan juga dapat mempengaruhi gaji. Mendapatkan gelar dari program pendidikan tinggi biasanya memiliki pengaruh positif pada tawaran gaji, gelar dari sekolah yang dianggap di bawah standar dalam bidang tertentu dapat menurunkan potensi penghasilan Anda.

Tips Negoisasi: menekankan pendidikan Anda jika lebih dari apa yang disebut dalam pekerjaan, dan itu relevan.

Kinerja

Karena sebagian besar perusahaan mendasarkan keputusan mereka menggaji pegawai setidaknya atas alasan kinerja individu, ini merupakan variabel penting ketika mereka mempertimbangkan untuk kenaikan gaji atau promosi. Bahkan ketika melamar pekerjaan baru, informasi ini mungkin penting untuk calon perusahaan Anda, karena memberikan gambaran yang lebih lengkap dari kemampuan Anda.

Tips Negoisasi: Kinerja memiliki dampak yang signifikan pada gaji, terutama insentif.

Bos

Pemimpin perusahaan ada kaitannya dengan kesuksesan perusahaan Anda, karena ia berkaitan dengan keputusan dan tindakan yang mempengaruhi bawahan, atau Anda sendiri sebagai pegawai. Dan jika bos Anda memiliki kebijaksaan tinggi pada perusahaan, maka Anda memiliki kesempatan untuk naik gaji secara berkala.

Tips Negoisasi: dalam proses wawancara, cari tahu posisi yang dapat mengembangkan potensi Anda.

NEXT: Bertugas di daerah berbahaya >>>>

Baca Juga

 

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section