1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

6 Tips untuk Anak Muda Menghadapi Masalah Keuangan di Masa Depan

Mahasiswa atau pelajar yang masih berusia muda seringkali tidak peduli dengan keadaan ekonomi.

By Abdul Kharis 7 Maret 2016 12:25
Ilustrasi anak muda (ncl)

Money.id - Mengelola uang umumnya tidak diajarkan di bangku sekolah dasar. Lebih menyedihkan lagi, hanya segelintir anak muda memahami pengaturan keuangan yang baik.

Mahasiswa atau pelajar yang masih berusia muda seringkali tidak peduli dengan keadaan ekonomi. Hal ini disebabkan karena belum merasakan mencari uang sendiri dan masih meminta kepada orang tua.

Mengutip dari bankrate.com, Senin 7 Maret 2016, berikut ini adalah tips untuk anak muda menghadapi masalah keuangan di masa depan.

1. Masuk ke perguruan tinggi

Anda mungkin ingin melakukan sesuatu yang tidak memerlukan gelar sarjana, seperti bermain game online setiap hari. Tetapi masuk di perguruan tinggi merupakan pertimbangan yang serius.

Lebih mudah untuk mendapatkan gelar ketika Anda masih muda dibandingkan saat sudah memiliki keluarga. Menjadi sarjana akan memudahkan untuk mencari pekerjaan, dan akan membantu dalam menghadapi masalah keuangan di masa depan.

2. Cari tujuan hidup

Jika mengalami kesulitan mencari tahu apa yang ingin dilakukan dalam hidup, cobalah lihat ke dalam hati Anda. Semua orang dilahirkan dengan bakat tertentu dan kemampuan alami.

Saat Anda tumbuh, karier dapat berubah seiring dengan keinginan. Menemukan tujuan hidup untuk anak muda, akan membantu melewati masalah keuangan di masa depan.

3. Siapkan dana pensiun

Siapkanlah dana pensiun, hal ini akan menjadi investasi yang tak ternilai di hari tua. Terlebih lagi, Anda melakukannya semenjak masih muda.


4. Pilih pasangan dengan bijaksana

Pilihlah pasangan yang dapat mengelola uang dengan baik, ataupun dapat mengeluarkan uang dengan bijaksana. Hal ini sangat dibutuhkan dalam membangun keutuhan rumah tangga dan Anda akan memiliki partner yang baik dalam menghadapi masalah keuangan.

5. Siapkan dana darurat

Anda harus mempersiapkan dana darurat sebesar 10 kali pengeluaran setiap bulan, untuk berjaga-jaga dari hal yang tidak diinginkan dan bersiap menghadapi masalah keuangan di masa depan.

6. Pelajari tentang investasi

Belajarlah investasi semenjak dini, hal ini akan menjadi sumber pendapatan di luar dari penghasilan Anda. Selain itu, akan membuat Anda bersiap menghadapi masalah keuangan di masa depan. (poy)

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section