1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

6 Tanda Gaya Hidup Anda 'Lebih Besar Pasak Daripada Tiang'

Tidak sedikit individu yang menjalani gaya hidup jauh di atas kemampuan dengan berbagai alasan.

By Adhi 25 Mei 2016 18:08
Ilustrasi (benzinga.com)

Money.id - Saat ini Anda mungkin tidak merasa punya masalah keuangan. Buktinya, Anda mampu membeli pakaian paling trendi, makan di tempat populer, minum kopi impor. Walau kadang sedikit tersandung penyakit kantong kering.

Tidak ada salahnya memang. Toh, Anda hanya hidup sekali. Kenapa tidak bersenang-senang selagi bisa?

Namun yang menjadi masalah, terkadang hidup yang hanya sekali ini tidak selamanya berjalan lancar-lancar saja.

Tidak sedikit individu yang menjalani gaya hidup jauh di atas kemampuan dengan berbagai alasan. Tanpa disadari, mereka mengeruk lubang permasalahan besar di masa depan dengan menjalani hidup tanpa persiapan dan perencanaan keuangan yang baik.

Sebelum terbelit masalah, ada beberapa tanda bahaya yang bisa diperhatikan saat gaya hidup Anda selama ini ternyata sudah jauh melebihi kemampuan finansial.

1. Pengeluaran Anda berhubungan dengan gengsi

Jika benar-benar ditelusuri, mayoritas sumber pengeluaran Anda bisa dikaitkan dengan kebutuhan Anda menjaga gengsi dan penampilan. Entah untuk alasan pribadi atau profesional, Anda merasa harus ikut lingkaran sosial Anda yang makan di tempat mewah, atau menggunakan gadget dan pakaian merek tertentu. Tentu saja tidak ada salahnya bersenang-senang dan menikmati hidup, asal Anda benar-benar sanggup membiayainya.

2. Anda tidak punya tabungan darurat

Jika hari ini Anda mendadak tertimpa kemalangan atau kejadian yang membutuhkan biaya signifikan, Anda mungkin akan kelabakan karena tidak menyisihkan tabungan darurat. Selama ini kondisi finansial Anda hanya sebatas uang masuk, uang keluar, baik untuk kebutuhan sehari-hari atau membayar hutang, tanpa ada simpanan untuk masa depan.

Selengkapnya, simak di tautan berikut ini.

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section