1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

6 Strategi Atasi Tunggakan Utang Kartu Kredit

Kebiasaan berbelanja dengan menggunakan kartu kredit hingga jumlah tagihan menumpuk akan berdampak pada kondisi finansial.

By Arry Anggadha 13 Mei 2016 06:38
Ilustrasi Kartu Kredit

Money.id - Anda sering menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayaran? Ya, dengan menggunakan kartu kredit, segala jenis pembayaran  mudah dilakukan, baik itu dalam bentuk cicilan atau langsung cash.

Tapi tahukah Anda kebiasaan berbelanja dengan menggunakan kartu kredit hingga jumlah tagihan menumpuk akan berdampak pada kondisi finansial Anda?

Ibarat pisau bermata dua, jika digunakan dengan bijak, maka akan menguntungkan. Sebaliknya, jika pemakaiannya salah akan berdampak pada penggunanya. Sebagai contoh, akibat pemakaian kartu kredit yang salah maka jumlah tagihan menumpuk. Kasus ini dialami oleh banyak orang. Karena tergoda kemudahan berbelanja, ia pun sering memakai kartu kredit.

Tak tanggung-tanggung, bahkan ada yang memiliki 8 kartu kredit yang semuanya aktif digunakan. Masalah pun muncul. Satu per satu, tagihan datang dan menumpuk. Bahkan, ada pula yang sampai mendapat teror dari penagih utang yang menelepon hingga datang ke kantor.

Agar tidak mengalami peristiwa tersebut, dilansir dari CekAja, sebaiknya Anda yang sudah memiliki tagihan kartu kredit untuk melakukan langkah-langkah taktis berikut ini.

1.  Perencanaan keuangan
Pemakaian kartu kredit berlebihan disebabkan tidak adanya perencanaan keuangan. Untuk itu buatlah pemulihan perencanaan ketika tagihan kartu kredit menumpuk.

2. Selesaikan Tagihan
Cara tepat selanjutnya adalah menyicil tagihan kartu kredit. Jika Anda punya uang lebih, gunakan uang tersebut untuk melunasi tagihan mulai dari yang nominalnya terkecil hingga yang paling besar. Rata-rata tagihan akan menumpuk dan semakin membesar karena bunga kartu kredit yang terus bertambah.

3. Manfaatkan Fasilitas Pembayaran
Alternatif penyelesaian lain yang bisa digunakan yaitu memanfaatkan fasilitas bank untuk membayar sisa tagihan tanpa dikenakan bunga. Konsekuensinya, Anda tidak bisa menggunakan kartu kredit bank. Tidak semua bank memiliki fasilitas tersebut, tapi tak ada salahnya untuk mempertimbangkan cara tersebut.

4. Jangan Bergantung Kartu Kredit
Lebih baik selektif saat menggunakan kartu kredit. Terkadang banyak orang yang tergoda dengan iming-iming pembayaran belanja yang bisa dicicil, bunga 0% hingga pemberian point reward. Tentunya orang akan giat menggesek kartu kredit.

Untuk itu hilangkan ketergantungan terhadap penggunaan kartu kredit. Lebih bijak dan tepat, gunakan kartu kredit sesuai dengan kebutuhan Anda. Hindari membuat kartu kredit yang baru karena hal ini secara tidak sadar akan membuat Anda lebih sering berbelanja.

5. Kartu Kredit Biaya Rendah
Begitu Anda merencanakan untuk mengajukan aplikasi kartu kredit, sebaiknya pilih kartu kredit yang memiliki biaya terendah termasuk tagihan dan bunganya. Hal ini setidaknya akan mengurangi besar tagihan Anda setiap bulan.

6. Bayar Cicilan
Biasanya kartu kredit mensyaratkan pembayaran dengan nilai tagihan minimum atau 10 % dari total tagihan. Biar terhindar dari tagihan tinggi, bayarlah tagihan sesuai nominal di atas yakni batas minimum.

Perhatikan pula batas jatuh tempo serta melunasi jumlah sisa tagihan sebelum tanggal tersebut agar tidak dikenai denda keterlambatan pembayaran. Selain itu, perhatikan juga batas maksimum kredit yang tercantum dalam kartu, jangan sampai konsumsi Anda melebihi batas ini.

Sebenarnya, banyak cara aman gunakan kartu kredit yang bisa dipilih. Anda tinggal pilih cara apa yang tepat. Namun, lagi-lagi semuanya tergantung dari kebiasaan pengaturan keuangan Anda.

Baca Juga

(aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section