1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

5 Tips Atasi Masalah Uang dalam Hubungan Cinta

Studi menunjukkan bahwa 7 dari 10 pasangan menyatakan bahwa uang sering menyebabkan masalah dalam hubungan mereka.

By Abdul Kharis 20 Mei 2016 20:05
Ilustrasi pasangan kekasih (huffingtonpost)

Money.id - Keuangan kerap kali menjadi masalah bagi dua sejoli yang menjalin cinta. Kebiasaan pasangan memperlakukan uang pun kerap menjadi sumber dari keributan.

Studi menunjukkan bahwa 7 dari 10 pasangan mengatakan bahwa uang sering menyebabkan masalah dalam hubungan mereka. Hal itu dapat dihindari jika Anda membicarakan keuangan dengan pasangan.

Nah, Anda tidak sendirian. Uang bisa menjadi sumber konflik bagi banyak pasangan. Mengutip dari yourtango.com, Sabtu, 21 Mei 2016, berikut adalah lima tips untuk menangani masalah uang dalam hubungan cinta Anda.

1. Bicara terbuka tentang uang

Pasangan biasanya tidak berbicara secara terbuka tentang uang. Sehingga, ketika masalah uang timbul, akan menjadi subyek sensitif dan mengarah ke konflik. Jangan takut untuk duduk dengan pasangan Anda setidaknya setiap tiga bulan sekali untuk membicarakan tentang keuangan.

Buatlah daftar keuangan jangka pendek dan jangka panjang untuk menentukan tujuan bersama pasangan. Jika khawatir tentang kebiasaan pasangan Anda berbelanja, keputusan keuangan, atau peran dalam mengelola uang, pastikan mengungkapkan pikiran tersebut selama pembicaraan ini.

2. Berbagi tanggung jawab

Kerap terjadi hanya satu pasangan yang memainkan peran utama dalam mengelola keuangan. Tetapi, sangat penting bahwa kedua pasangan ikut bertanggung jawab.

Bagilah tanggung jawab keuangan Anda dengan pasangan untuk menghindari masalah keuangan yang bisa menyebabkan pertengkaran.

3. Membatasi pengeluaran masing-masing pribadi

Sebagai pasangan, penting untuk mengatur pengeluaran dengan membuat batasan. Dengan melakukan hal ini akan menghindari krisis keuangan untuk ke depannya.

4. Memahami uang dari perspektif pasangan Anda

Pria dan wanita sering memiliki pandangan yang berbeda tentang uang. Wanita melihat uang sebagai tanda keamanan dan stabilitas, mereka ingin menyimpan untuk keadaan darurat dan ketika masalah keuangan muncul, mereka menjadi sangat prihatin dan khawatir.

Sedangkan pria mengambil lebih memandang uang sebagai risiko dan melihat masalah keuangan sebagai ancaman terhadap harga diri mereka dan kepercayaan diri.

Cobalah untuk mencoba memahami uang dari perspektif pasangan Anda. Hal ini sangat penting untuk dijaga, jagalah hubungan percintaan Anda dengan melakukan hal ini.

5. Jujurlah tentang pandangan Anda terhadap uang

Jujurlah tentang pandangan Anda terhadap uang dan katakanlah kepada pasangan, untuk memastikan tidak ada masalah keuangan yang lebih besar untuk ke depannya.

Baca Juga

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section