1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

5 Strategi Penting Agar Sukses dalam Berbisnis

Lima cara sederhana ini sangat penting kalau Anda mau terus berkembang dan menjadi seorang pebisnis yang sukses.

By Dwifantya Aquina 21 April 2016 14:23
Ilustrasi pebisnis sukses (enterpreneurcoach.com)

Money.id - Kalau Anda mau jadi seorang entrepeneur atau pebisnis yang sukses, Anda harus siap menerima segala macam tantangan. Karena, untuk membangun sebuah bisnis dari nol sampai berhasil nanti tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

Sebenarnya ada lima cara sederhana yang sangat penting kalau Anda mau terus berkembang dan menjadi seorang pebisnis yang sukses. Bagaimana caranya? Simak 5 cara simpel jadi pebisnis sukses berikut seperti dikutip CekAja.com.

Kebiasaan sehat

Pertama, kalau ingin meraih kesuksesan sebagai seorang pebisnis adalah memperbaiki gaya hidup. Mulailah hari dengan kebiasaan sehat seperti minum air putih delapan gelas sehari, sarapan bernutrisi serta berolahraga setidaknya tiga kali seminggu. Kebiasaan sehat ini akan mempengaruhi pola pikir Anda dan bisa membantu otak lebih fokus.

Ketika pikiran selalu segar dan fokus, dalam melakukan berbagai pekerjaan akan terasa lebih mudah. Karena itulah Anda nantinya bisa berbisnis dengan efektif dan efisien.

Mau untuk terus belajar

Manusia punya kewajiban untuk terus belajar dalam hidup. Apalagi kalau Anda memutuskan untuk jadi seorang pebisnis. Belajar mengenai urusan produksi, tren pasar saat ini, hingga lingkungan harus Anda lakukan dengan baik dan tidak boleh berhenti. (Baca juga: Mental yang Menandakan Anda Siap Jadi Miliuner)

Belajar bisa dilakukan dengan banyak membaca buku, atau lewat pengalaman ketika Anda mengalami kegagalan, bisa juga dengan melihat keadaan sekitar. Intinya, berusahalah untuk terus belajar kapanpun dan dimanapun demi mengembangkan bisnis. Maka dari itu selalu posisikan diri sebagai orang yang belum tahu apa-apa mulai dari sekarang.

Bergaul dengan para pebisnis sukses

Lingkungan dan koneksi merupakan salah satu penentu kesuksesan sebuah bisnis. Untuk itu, sebagai pebisnis pemula Anda perlu memperluas koneksi bisnis.

Bagaimana caranya? Banyaklah datang ke acara seminar dan komunitas pengusaha. Mulailah dengan sekedar sharing dan ngobrol bersama para pebisnis sukses.

Kalau sudah sering ngobrol, bisa jadi teman. Nah, disinilah Anda bisa memanfaatkan pertemanan untuk mengembangkan bisnis. Mulai dari mendengarkan nasihat-nasihat mereka, hingga melakukan kerjasama. (Baca juga: Manfaat Besar yang Dapat Anda Peroleh dengan Mengulik Uang Rp 100 Ribu)

Jangan pernah berpuas diri

Ketika bisnismu berhasil mencapai prestasi gemilang, Anda tidak boleh berpuas diri. Misalnya, ketika bisnis untung ratusan juta rupiah dalam satu tahun Anda gak boleh terlena dengan prestasi tersebut. Buatlah target selanjutnya di tahun depan yakni meningkatkan keuntungan hingga miliaran rupiah.

Ingat mengapa Anda mulai berbisnis

Ketika banyak hambatan yang menghalangi, atau bahkan sudah mengalami kegagalan ingatlah alasan Anda mulai berbisnis. Mengapa? Hal ini akan sangat membantu Anda untuk kembali bersemangat.

Cobalah untuk selalu melihat apa kesalahan, dan apa alasan Anda mulai berbisnis. Perbaiki kesalahan-kesalahan tersebut dan jangan pernah berhenti menjalankan bisnis penuh potensial milik itu.

Baca Juga

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section