1. HOME
  2. FINANCE
BANK INDONESIA

5 Strategi Bank Indonesia Dorong Keuangan Syariah

Industri keuangan syariah memiliki peluang besar untuk tumbuh di Indonesia sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia.

By Desy Afrianti 14 Maret 2016 11:45
Bank Indonesia/ Flickr

Money.id - Prospek ekonomi dan keuangan syariah Indonesia semakin cerah. Industri keuangan syariah memiliki peluang besar untuk tumbuh di Indonesia sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia.

Kondisi makroekonomi terus membaik di tengah tekanan ekonomi global. Layanan industri keuangan syariah juga semakin beragam.

Meski demikian, industri keuangan syariah tidak dapat dibiarkan berkembang sendiri, perlu didorong dengan pendekatan yang holistik dan terintegrasi dengan kebijakan pemerintah dan otoritas terkait.

Atas dasar itu, Bank Indonesia menyiapkan lima strategi untuk mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

Adapun lima strategi itu adalah mendorong inovasi instrumen likuiditas dan keuangan syariah dalam semangat pendalaman pasar keuangan syariah.

Upaya pendalaman pasar keuangan syariah juga didukung oleh penerbitan aturan terkait transaksi hedging syariah yang mendukung efisiensi pasar dan pengelolaan volatilitas.

"Kedua, peningkatan sumber daya insani dengan memperkuat kompetensi dan pengetahuan sumber daya manusia di industri keuangan syariah dalam rangka mengoptimalkan alokasi sumber daya," kata Gubernur Bank Indonesia, Agus D.W. Martowardojo seperti dikutip dari situs resmi Bank Indonesia.

Ketiga, memperkuat kerangka kebijakan dan kerangka pengawasan terintegrasi dari ekonomi dan keuangan syariah.

Koordinasi menjadi kunci utama, di mana otoritas terkait didorong untuk menyampaikan pandangan yang membangun dalam pengembangan produk untuk instrumen pasar keuangan syariah dan juga harmonisasi regulasi lintas sektor keuangan maupun sektor sosial.

Keempat, membangun struktur industri yang efisien dengan partisipasi aktif dalam formulasi arsitektur sistem keuangan syariah yang efisien, mendorong pasar untuk pengembangan sektor riil melalui formulasi model pembiayaan syariah yang optimal, dan merancang sistem informasi Islamic Economic Super Corridor.

Terakhir, membangun aliansi strategis dengan stakeholder terkait untuk terus meningkatkan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.

Untuk memastikan keberhasilan implementasi lima strategi dimaksud, Bank Indonesia secara proaktif akan senantiasa berkoordinasi dengan pemerintah, otoritas dan lembaga internasional terkait lainnya.

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section