1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

5 Langkah Ampuh Kendalikan Pasangan Suami Istri yang Boros

Pengaturan keuangan keluarga merupakan tanggung jawab bersama. Artinya, kedua belah pihak perlu komitmen yang kuat.

By Dwifantya Aquina 19 Mei 2016 10:02
ilustrasi keuangan (Halo Money)

Money.id - Money.id - Untuk menjaga rumah tangga agar selalu harmonis, aspek yang perlu kita pikirkan tentu tidak hanya cinta saja. Nah, mungkin kamu sempat berpikir bahwa mengatur keuangan pribadi saja sudah sulit, apalagi mengatur keuangan keluarga. Pengaturan keuangan keluarga merupakan tanggung jawab bersama. Artinya, kedua belah pihak perlu komitmen yang kuat.

Sekarang, bagaimana jika pasangan kamu sulit hidup hemat? Coba simak 5 langkah ampuh untuk kendalikan pasangan suami istri yang boros berikut:

1. Mulailah dengan membuat laporan keuangan sederhana

Kamu tidak bisa menyatakan kalau kondisi keuangan rumah tangga bermasalah atau boros kalau tidak ada pesiapan apapun. Coba kamu buat dulu perencanaan keuangan sederhana. Daftarkan dan kategorikan berbagai pengeluaran keluarga selama beberapa bulan sebelumnya dan hitung juga proyeksi ke depannya. Ini bisa jadi bukti kalau pasangan kamu memang boros.

Baca juga: 5 Serba-Serbi Personal Budgeting yang Tidak Diketahui Banyak Orang!

2. Cari waktu diskusi

Jika memang kondisi keuangan kamu kurang bagus dan sumber pemborosannya memang dari pasangan kamu, kamu perlu membicarakannya dengan baik-baik bersama pasangan kamu. Pilih waktu yang santai dan lihat kondisi mood pasangan juga agar tidak berujung cekcok.

3. Berikan bukti pemborosan

Kalau pasangan kamu tipe yang sulit diajak bicara, kamu bisa cetak atau bawa hasil perencanaan keuangan kamu. Tunjukkan kondisi keuangan rumah tangga dan berikan jabaran berbagai biaya yang menyebabkan keuangan kalian menjadi boros. Cara ini cukup ampuh untuk membuat pasangan sadar bahwa ia harus dapat menahan diri untuk tidak boros.

4. Ambil langkah untuk berhenti boros

Apabila pasangan sudah sadar bahwa dirinya boros, cobalah untuk membuat kesepakatan bersama mengenai apa saja pengeluaran yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Atau, bisa juga menyepakati jumlah yang boleh dikeluarkan untuk setiap kategori pengeluaran. Buat kesepakatan tertulis dan sepakati juga sanksi yang akan diberikan apabila ada pihak yang melanggar ketentuan tersebut.

Baca juga: 5 Fakta Unik Seputar Uang yang Belum Tentu Pernah Kamu Dengar

5. Siapkan rekening bersama

Cara lain yang dapat dilakukan adalah membuka suatu rekening bersama. Kumpulkan seluruh pemasukan di rekening bersama dan gunakan rekening tersebut untuk melakukan berbagai pengeluaran rumah tangga setelah jumlahnya disepakati. Sisa lebihnya dapat dipindahkan ke rekening pribadi dan berhak digunakan untuk keperluan pribadi apapun oleh setiap pihak.

Baca juga: 4 Strategi Jitu Agar Uang Kamu Tidak Habis Saat Pensiun!

Masih merasa sulit untuk mengurangi pengeluaran? Mungkin sudah saatnya kalian mencoba untuk membuat bisnis sampingan agar pemasukan kalian bisa bertambah. Gunakan fasilitas pinjaman tanpa agunan (KTA) untuk mempermudah kamu memulai bisnis tersebut. Carilah produk KTA yang tepat dengan situs perbandingan produk keuangan populer seperti HaloMoney.co.id.

 

Baca Juga

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section